60 Persen Gangguan Jiwa Karena Keturunan

Minggu, 31 Maret 2013 – 11:06 WIB
PONTIANAK--Sebanyak 0,46 persen dari seluruh populasi mengalami gangguan jiwa. Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat, Rozalina mengungkapkan penyebab terbesar gangguan jiwa di wilayahnya karena faktor genetik.

"Gangguan jiwa karena faktor keturunan mencapai 60 persen. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan 0,46 persen dari populasi itu mengalami gangguan jiwa," ujar Rozalina di Grand Mahkota Hotel, baru-baru ini.

Rozalina menuturkan hingga saat ini sedikitnya 637 pasien dirawat di RSJ Provinsi Kalbar yang terletak di Singkawang Timur, Kota Singkawang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Tak hanya yang berpendidikan rendah, bahkan lulusan perguruan tinggi alias sarjana juga ada dirawat di sana.

"Tingkat pendidikan tertinggi sarjana. Bahkan dosen juga ada," ungkap Rozalina.

Rozalina menyebutkan saat ini daya tampung di RSJ Kalbar sebanyak 505 tempat tidur, dengan berbagai kelas. Ada kelas 1, 2, dan 3. Pelayanan yang diberikan merupakan tingkat lanjut.

Menurut Rozalina, gangguan jiwa bisa dicegah. Bagi pasangan yang hendak menikah bisa mengikuti konseling premarital. "Konseling premarital itu seperti pepatah jawa, perlu bibit, bebet, dan bobot. Ini untuk mencegah agar (penderita gangguan jiwa) tidak bertambah banyak," ungkap Rozalina.

Terkait pelayanan RSJ Kalbar, lanjut Rozalina, saat ini sedang mempersiapkan dan berbenah untuk menjadi kelas A. Penilaian sudah dilakukan tim peningkatan kelas rumah sakit Kementerian Kesehatan RI.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk naik kelas. Diantaranya memiliki sumber daya psikiater minimal lima orang, sebanyak 20 persen pelayanan nonjiwa atau perawatan penyakit lainnya seperti penyakit dalam dan bedah, serta syarat lainnya.

"Kita juga sudah MoU dengan RS Abdul Aziz Singkawang. Bukan hal mudah kenaikan kelas. Tetapi kita berusaha. Jika lulus, Juli mendatang bisa menjadi kelas A," katanya.

Ia menambahkan berhasil menjadi kelas A, RSJ Provinsi Kalbar di Singkawang akan menjadi rujukan se Kalimantan. "Kita akan menjadi satu-satunya rumah sakit jiwa kelas A di luar Pulau Jawa," timpalnya. (uni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap RUU Ormas Wajibkan Asas Tunggal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler