60 Tewas Akibat Panik Isu Jembatan Ambruk

Senin, 14 Oktober 2013 – 05:39 WIB

BHOPAL - Peristiwa mengerikan terjadi di atas sebuah jembatan di utara India. Lantaran muncul isu jembatan yang mau ambruk, ratusan orang di atasnya langsung panik dan berebut ingin meninggalkan jembatan tersebut. Lebih dari 60 orang tewas dalam insiden tersebut karena jatuh dan terinjak. Mereka memenuhi jembatan karena akan menghadiri sebuah upacara keagamaan di sebuah kuil.
   
"Sebanyak 64 orang dipastikan tewas dan jumlahnya bisa mencapai 100," kata Deputi Inspektur Jenderal Polisi DK Arya dari kepolisian India kepada AFP. "Lebih dari 100 orang lainnya terluka dalam tragedi yang terjadi di Distrik Datia di Negara Bagian Madhya Pradesh tersebut," tambahnya.
   
Selain itu, Arya menyebutkan bahwa ada isu jembatan yang mau ambruk setelah ditabrak sebuah kendaraan berat sehingga para peziarah panik. "Ada rumor bahwa jembatan itu akan ambruk setelah ditabrak sebuah traktor," jelas Arya. "Orang-orang takut jatuh ke sungai dan hilang," ucapnya.
   
Ribuan orang berduyun-duyun mendatangi Kuil Ratangarh, sekitar 60 km dari Kota Datia, untuk menghadiri Upacara Navaratri. Upacara tersebut dilakukan untuk menghormati Dewi Durga. Polisi menyatakan, peziarah yang panik itu tewas setelah terinjak-injak dan sebagian lain tenggelam karena melompat ke Sungai Sindh.
   
Belum dipastikan berapa orang yang berada di jembatan tersebut saat berlangsungnya insiden tersebut. Namun, sejumlah media lokal menyebutkan ada 500 orang. Otoritas Madhya Pradesh meminta dilakukan penyelidikan terkait dengan insiden tersebut. Banyak perempuan dan anak-anak yang juga menjadi korban.
   
Polisi menyatakan sudah berupaya menenangkan mereka yang panik agar tetap tenang di atas jembatan. Namun, mereka malah membalas dengan melemparkan batu. Akibatnya, seorang petugas terluka berat.
   
India mempunyai daftar panjang kasus kematian massal karena berdesak-desakan dalam sebuah upacara keagamaan. Misalnya, Februari lalu. Sebanyak 36 orang tewas karena terinjak-injak ketika ribuan umat Hindu akan pulang dari Upacara Kumbh Mela di pinggiran Sungai Gangga.
   
Sebelumnya, sekitar 102 umat Hindu tewas di Negara Bagian Kerala saat menghadiri sebuah upacara keagamaan pada Januari 2011. Sementara itu, 224 peziarah tewas pada September 2008 saat berlomba-lomba mencapai kuil tua yang dibangun pada abad 15 di puncak bukit di utara Kota Jodhpur. (AFP/cak/c15/tia)

BACA JUGA: Pabrik Kembang Api Meledak, 12 Tewas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perintah Masuk Tahanan 14 Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler