65 Persen Formasi CPNS untuk Putra Asli Papua-Papua Barat

Selasa, 27 Januari 2015 – 18:39 WIB
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Permasalahan rekrutmen CPNS di Papua dan Papua Barat mendapat perhatian khusus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

Pasalnya Provinsi Papua dan 29 kabupaten/kota di sana, juga kabupaten/kota di Papua Barat yang memperoleh alokasi formasi CPNS 2014 sebanyak 6.340 hingga saat ini belum melaksanakan tes.

BACA JUGA: Pesan Pedagang Kaki Lima buat Presiden Jokowi

Menurut Yuddy, berdasarkan hasil rapat Panselnas pada 1 Desember 2014 diputuskan proses pelaksanaannya ditunda ke tahun 2015.

"Nantinya sistem pendaftaran CPNS dilakuan secara off line," kata Yuddy dalam konpress di Jakarta, Selasa (27/1).

BACA JUGA: Yuddy Janji Carikan Solusi Honorer K2 Gagal Tes

Dari formasi yang ada, direncanakan 65 persen formasi diperuntukkan bagi pelamar putra-putri asli Papua dan Papua Barat. Sedangkan 35 persen diperuntukkan bagi pelamar dari luar Papua dan Papua Barat.

“Khusus untuk pelamar putra-putri Papua diberikan afirmasi berupa penurunan passing grade (nilai ambang batas) kelulusan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Plt Kapolri Perintahkan Anggota Penuhi Panggilan KPK

Untuk membantu pemahaman soal CAT, akan dilakukan sosialisasi atau pelatihan penggunaan CAT secara masif dengan melibatkan unsur perguruan tinggi setempat dan LSM. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Kapolri Masuk Tim Bentukan Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler