650 Aparat Gabungan Amankan Kampanye Pilgub Papua

Sabtu, 12 Januari 2013 – 00:42 WIB
TIMIKA – Sebanyak 650 lebih aparat gabungan dari TNI dan Polri akan disiagakan selama pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua di Kabupaten Mimika. Penyiagaan pasukan pengamanan yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja 2 ini dilakukan untuk mengamankan dan melancarkan berlangsungnya berbagai kegiatan kampanye pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua di Kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika AKBP Jermias Rontini, SIK MSi ketika ditemui Radar Timika usai pelaksanaan apel bersama TNI Polri dan berbagai instansi lainnya dalam rangka Operasi Mantap Praja 2 di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (11/1) mengatakan, bahwa 650 personil pengamanan tersebut terdiri dari personil Polres Mimika, Detasemen Brimob dan jajaran TNI.

Kapolres merinci, dari Polres Mimika personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan atau operasi tersebut sebanyak 454 personil Polres, sedangkan dari Brimob dan TNI sekitar 200 personil lebih.

Dikatakan Kapolres, bahwa pada pelaksanaan kampanye di Mimika, pihaknya akan mengantisipasi segala bentuk kemungkinan yang bisa menyebabkan gangguan keamanan. Dimana gangguan keamanan yang berpotensi terjadi selama masa kampanye, menurut Kapolres adalah adanya bentrokan antarpendukung cagub dan cawagub, serta pelanggaran yang dilakukan tim kampanye.

“Kita antisipasi semuanya, tapi yang berpotensi adalah bentrokan antar simpatisan dan berbagai pelanggaran yang mungkin terjadi,” katanya.

Pengamanan yang dilakukan, lanjut Kapolres, tidak dilakukan secara serempak dan di titik-titik terrtentu. Akan tetapi menyesuaikan dengan jadwal kampanye pasangan Cagub dan Cawagub Provinsi Papua itu sendiri di Timika.

Para personil yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja 2 tersebut, Jumat (11/1) sekitar pukul 16.00 WIT mengikuti apel bersama yang dilaksanakan di halaman Graha Eme Neme Yauware, Timika. Bertindak sebagai komandan apel adalah Kapolres Mimika, sedangkan pemimpin apel adalah Iptu Junan.

Dimana pasukan apel selain terdiri dari personil Polres Mimika, juga dari jajaran TNI se-Garnizun Timika, Brimob, SAR, Pemadam Kebakaran dan Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika. Sedangkan tamu undangan yang hadir dalam apel bersama tersebut adalah Asisten 3 Setda Mimika Evert Safuf, SE yang mewakili Pemda Mimika, Para Komandan Satuan TNI dan Ketua Pengadilan Negeri Timika.

Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Jermias Rontini mengatakan, bahwa apel bersama tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai kesiapan aparat dan semua sektor keamanan untuk melancarkan jalannya kampanye Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua hingga berakhirnya seluruh tahapan Pemilukada. (sms)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Musim Kawin, Buaya Sampit Mengganas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler