7 Bahan Alami yang Bisa Atasi Sakit Kepala dengan Mudah

Selasa, 14 Desember 2021 – 06:26 WIB
Ilustrasi sakit kepala. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SETIAP orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala dengan intesitas berbeda.

Sakit kepala bisa mengganggu aktivitas seseorang. Sakit kepala bisa timbul karena beberapa hal.

BACA JUGA: 4 Bahan Alami Ini Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Mulai dari kurang istirahat, kurang tidur, stres, kelelahan dan lainnya.

Selain obat yang dijual bebas, beberapa bahan alami ternyata bisa membantu meredakan sakit kepala.

BACA JUGA: Ini 3 Penyebab Sakit Kepala pada Penderita Diabetes dan Cara Mengatasinya

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Minum air

BACA JUGA: 5 Jus yang Ampuh Usir Sakit Kepala Mengganggu

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, beberapa proses metabolisme terpengaruh dan kekeringan di dalam sistem tubuh memicu sakit kepala.

Saat Anda mulai merasakan sakit kepala, minumlah banyak air dan jika memungkinkan, minum air hangat.

Selain memberikan hidrasi, langkah ini juga membantu mengatur pergerakan usus dan pada orang yang menderita sembelit, minum air hangat bisa membantu menghilangkan racun yang menyebabkan sakit kepala.

2. Gunakan mentega

Ghee atau mentega adalah bahan alami yang bagus untuk sakit kepala.

Gunakan sedikit ghee setiap hari dengan nasi panas dan buang air besar Anda akan meningkat secara teratur.

Jika sembelit adalah penyebab utama sakit kepala Anda, penggunaan sedikit ghee setiap hari bisa membantu Anda menghindari sakit kepala kronis.

Cara lain untuk menggunakan ghee adalah dengan meneteskan beberapa tetes ghee ke kedua lubang hidung dan berbaring sebentar ketika Anda merasakan sakit kepala datang.

Ada jenis ghee yang disebut brahmi ghee yang diperkaya dengan ramuan obat brahmi yang bekerja sangat baik untuk sakit kepala migrain.

3. Pijat dengan minyak esensial

Minyak atsiri seperti lavender, peppermint dan eucalyptus memiliki kemampuan untuk menyebabkan relaksasi yang mendalam dan ini menjadikannya obat yang efektif untuk sakit kepala.

Ambil beberapa tetes salah satu dari minyak ini ke jari-jari Anda dan gosokkan dengan lembut ke kulit di pelipis, dahi, dan bahkan bagian belakang leher Anda.

Berbaringlah di ruangan yang tenang, sejuk dan gelap dengan mata tertutup dan saat Anda menghirup uap minyak obat ini, kamu pasti akan merasakan sakit kepala berkurang intensitasnya.

Jika sakit kepala tampaknya terkonsentrasi di daerah dahi, letakkan kedua jari telunjuk Anda di kedua sisi jembatan hidung di antara alis.

Tekan ke bawah dan gerakkan jari Anda dengan gerakan melingkar di sepanjang alis. Ini akan membantu melepaskan ketegangan pada otot-otot di bagian depan tengkorak.

4. Inhalasi uap

Beberapa sakit kepala adalah akibat dari kemacetan di rongga hidung dan sinus.

Dalam kasus seperti itu, beberapa menit menghirup uap akan membantu untuk membersihkan kemacetan dan sakit kepala Anda akan hilang tanpa bekas.

Untuk membuat pengalaman lebih santai, tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang disebutkan di atas ke dalam air di inhaler atau neti pot Anda.

5. Cendana

Cendana memiliki sifat pendinginan yang luar biasa. Saat Anda sakit kepala, siapkan sedikit pasta cendana menggunakan air dan gosokkan ke dahi.

Biarkan sampai mengering dan setelah beberapa menit, bersihkan dengan air biasa.

6. Jahe

Seiring dengan sifat pencernaannya, jahe juga berguna untuk mengatasi sakit kepala.

Manfaatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari minyak atsiri yang ada dalam jahe.

Cukup hancurkan sedikit jahe segar, rebus dengan air, saring dan minum cairan hangatnya dan Anda akan melihat pengurangan yang nyata dalam intensitas sakit kepala.

7. Teh hijau

Dengan kandungan antioksidan yang kaya, teh hijau adalah obat yang sangat baik untuk sakit kepala.

Sakit kepala sesekali yang datang karena melewatkan makan atau melewatkan secangkir kopi di pagi hari bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Namun, jika Anda sering mengalami sakit kepala dan mencari obat penghilang rasa sakit lebih dari sekali seminggu, itu bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih dalam.

Sakit kepala lebih seperti gejala dari beberapa masalah mendasar daripada gangguan itu sendiri dan oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu apa masalahnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler