7 Bahaya Makan Pisang Berlebihan, Bisa Mengakibatkan Serangan Penyakit Ini

Rabu, 05 April 2023 – 04:45 WIB
Pisang. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PISANG tidak diragukan lagi merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi orang.

Pisang membantu meringankan masalah kesehatan utama tertentu dan dianggap cukup aman untuk diberikan sebagai salah satu makanan padat pertama untuk bayi.

BACA JUGA: 3 Khasiat Rutin Mengonsumsi Pisang untuk Ibu Hamil

Jadi apa yang salah saat Anda mengonsumsi pisang secara rutin? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.com.

1. Penambahan Berat Badan

Setuju bahwa pisang, dibandingkan dengan sekotak kue atau keripik favorit Anda, memiliki kalori lebih sedikit, tetapi masih memiliki cukup kalori untuk membuat Anda menambah berat badan.

BACA JUGA: 5 Khasiat Ubi Jalar, Ampuh Basmi Penyakit Ini

Itu jika kamu tidak memperhatikan ukuran porsi Anda. Pisang adalah buah yang luar biasa yang bisa dimakan dengan berbagai cara.

Namun, jika Anda makan terlalu banyak pisang, berat badan kamu bisa bertambah.

BACA JUGA: 5 Manfaat Pisang Merah yang Tidak Terduga

Ini karena tingginya jumlah kalori yang terkandung dalam buah. Satu pisang besar mengandung sekitar 100 kalori.

Jika Anda makan dua pisang per hari, Anda akan mengonsumsi 200 kalori setiap kali makan. Itu hampir 500 kalori ekstra per hari.

2. Migrain

Jika Anda sering bermasalah dengan serangan penyakit sakit kepala migrain yang menyiksa, kamu mungkin ingin menghindari memasukkan pisang ke dalam makanan harian Anda.

Tyramine, zat yang banyak ditemukan pada makanan seperti keju, ikan, daging, dan pisang merupakan pemicu sakit kepala migrain.

Karena kulit pisang mengandung tyramine sepuluh kali lebih banyak daripada daging buah pisang, berhati-hatilah saat membuang potongan kulit yang berserabut dari buah sebelum memakannya.

3. Hiperkalemia

Hiperkalemia adalah suatu kondisi yang disebabkan karena kelebihan kalium dalam darah dan diidentifikasi melalui gejala seperti denyut nadi tidak merata, mual, dan detak jantung tidak teratur yang bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Kelebihan konsumsi kalium bisa menyebabkan hiperkalemia pada orang dewasa.

Ada rencana diet tertentu seperti diet GM yang merekomendasikan asupan pisang berlebih pada hari-hari tertentu.

4. Kerusakan Gigi

Menjadi tinggi pati, pisang bisa menyebabkan kerusakan gigi yang serius jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dengan benar.

Menurut penelitian tertentu, pisang bisa lebih merusak kesehatan mulut Anda dibandingkan dengan cokelat, licorice merah, dan permen karet.

Pati larut perlahan di mulut sedangkan gula larut dengan cepat.

Oleh karena itu, saat Anda mengonsumsi makanan seperti pisang, partikelnya berada di antara gigi selama sekitar dua jam dan dengan demikian menarik lebih banyak bakteri, mengakibatkan lebih banyak gigi berlubang.

5. Mengantuk

Selalu berpikir bahwa memulai hari Anda dengan pisang adalah ide bagus? Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa pisang bisa membuat kamu mengantuk, bahkan jika Anda baru memulai hari.

Pisang kaya triptofan, asam amino yang bisa mengurangi kinerja mental dan waktu reaksi Anda, selain membuat Anda mengantuk.

Pisang juga mengandung magnesium dosis tinggi, mineral yang membantu relaksasi otot. Properti ini, bagaimanapun, menjadikannya camilan yang baik sebelum tidur.

6. Kerusakan Saraf

Karena pisang mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi, konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Konsumsi suplemen vitamin B6 yang sangat tinggi tanpa resep bisa mengakibatkan kerusakan saraf.

Namun, kemungkinan kerusakan saraf akibat konsumsi pisang tampaknya jarang terjadi kecuali jika Anda adalah seorang binaragawan yang terobsesi dengan pisang atau jika kamu mengikuti kompetisi makan pisang.

7. Alergi Ragweed

Alergi ragweed adalah suatu kondisi yang menyebabkan sistem kekebalan Anda bereaksi ketika kamu menghirup serbuk sari ragweed (gulma yang tumbuh di seluruh Amerika Serikat).

Seseorang yang menderita alergi ini menunjukkan gejala seperti bibir bengkak, tenggorokan iritasi, lidah bengkak.

Orang yang sudah menderita alergi ragweed mungkin mengalami gejala serupa saat mengonsumsi atau bahkan menangani pisang.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler