7 Buah-buahan Ini Kaya Antioksidan

Selasa, 13 Februari 2018 – 23:25 WIB
Buah-buahan mengandung antioksidan. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kandungan antioksidan pada makanan bisa memberi efek positif untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kanker.

BACA JUGA: 4 Hal yang Bisa Membuat Anda dan Pasangan Berhasil

Bukan cuma itu, antioksidan juga baik untuk kesehatan jantung serta bisa meningkatkan fungsi otak.

Mereka menetralkan radikal bebas berbahaya, molekul yang berperan dalam kanker, Alzheimer, penyakit jantung dan banyak lagi.

BACA JUGA: Cara ini Bisa Membantu Tidur Anda Nyenyak

Ada banyak suplemen diet antioksidan di pasaran, namun para ahli kesehatan lebih menekankan untuk mendapatkannya dari makanan Anda.

Berikut ini sumber makanan yang kaya antioksidan.

BACA JUGA: Ladies, Jangan Ragu Periksa Jika Mengidap Kanker Payudara

1. Blackberry

Antioksidan mengandung polifenol, biasanya terdapat dalam buah blackberry yang biasanya dikaitkan dengan penurunan kognitif dan serta memperlambat penuaan.

2. Pecans

Hanya segenggam kacang ini bisa membantu menurunkan kolesterol. Pecans kaya akan mineral mangan, yang memiliki antioksidan anti defisiensi usia untuk membantu menjaga agar kulit tetap kencang.

3. Cranberi

Cranberry bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan mereka mengandung antioksidan unik yang disebut proanthocyanidins atau PAC, yang mencegah E. coli dan bakteri lainnya yang menempel pada dinding kandung kemih yang membantu mencegah infeksi saluran kemih.

4. Kenari

Tidak hanya kenari merupakan sumber protein, serat dan mangan yang padat, mereka juga mengandung lemak tak jenuh jantung yang sehat.

Tapi dibandingkan dengan varietas lain, kenari sangat kaya akan asam alfa-linolenat, sejenis asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada tumbuhan.

5. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C dan antioksidan ramah kulit lainnya yang membantu kulit Anda sembuh dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

Mereka juga mengandung folat, vitamin B yang membantu Anda.

6. Artichoke

Berkat bantuan magnesium, artichoke dikenal untuk menghasilkan energi. Dengan kandungan antioksidan tertinggi, artichoke juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan hati.

7. Bluberi

Antioksidan yang memberi buah kecil ini warna biru-anthocyanin bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Bluberi juga kaya akan vitamin C dan K dan mangan dan diperkirakan membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan kehilangan ingatan terkait usia.

8. Coklat hitam

Seolah-olah Anda perlu alasan lain untuk makan lebih banyak cokelat. Coklat gelap mengandung antioksidan yang disebut flavonol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes.

9. Ceri

Warna merah tua ceri disebabkan oleh tingginya kadar antosianin, juga ditemukan pada blueberry, yang mengurangi peradangan dan membantu menurunkan kolesterol.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenali Manfaat Body Lotion untuk Kulit Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler