Cara ini Bisa Membantu Tidur Anda Nyenyak

Selasa, 13 Februari 2018 – 11:49 WIB
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Hal ini biasanya kerap terjadi menjelang waktu tidur. Tentu pikiran kita pernah 'berjalan-jalan' jelang menutup mata untuk terlelap.

Jeda menjelang waktu tidur tersebut biasanya kerap membuat Anda terus memikirkan daftar tugas yang terus bertambah.

BACA JUGA: 7 Cara Alami Atasi Insomnia

Dan hal itu bisa membuat Anda tidak tertidur dengan nyenyak.

"Pikirkan tentang itu. Sepanjang hari, orang-orang berbicara kepada Anda, meminta Anda untuk melakukan sesuatu, dan lain-lain. Saat Anda tidur, ini adalah satu-satunya saat Anda tidak memiliki rangsangan baru," kata seorang psikolog klinis dan peneliti Michael Breus, PhD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (12/2).

BACA JUGA: Ingin Cepat Tidur? Coba Lakukan Cara Mudah ini

Tapi ternyata, ada obat cepat dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, luangkan waktu hanya lima menit untuk menuliskan daftar tugas Anda untuk hari berikutnya.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para periset di Universitas Baylor dan dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology, menemukan bahwa orang-orang yang menyusun daftar tugas pada waktu tidur memiliki waktu lebih mudah untuk tidur.

BACA JUGA: Manfaat Tidur dengan Jendela dan Pintu Terbuka

Dalam penelitian ini, peserta dimasukkan ke dalam dua kelompok yang dipilih secara acak dan diberi tugas menulis lima menit sebelum tidur.

Satu kelompok diberi tahu untuk menuliskan tugas yang harus mereka ingat untuk dilakukan keesokan harinya atau dalam beberapa hari berikutnya, sementara kelompok kedua diminta menuliskan tugas yang telah mereka selesaikan dalam beberapa hari terakhir.

Para peneliti menemukan bahwa peserta penelitian yang berfokus pada pekerjaan mendatang mereka tertidur secara signifikan lebih cepat.

Dan semakin rinci daftar tugas Anda, maka akan semakin baik. Semakin spesifik peserta menulis daftar tugas mereka, maka semakin cepat mereka tertidur, sedangkan tren sebaliknya diamati saat peserta menulis tentang kegiatan yang telah selesai.

"Masalahnya adalah tentang mengeluarkan sesuatu dari kepala Anda," kata Michael K. Scullin, PhD, penulis utama studi dan direktur Laboratorium Neuroscience dan Kognisi Sleep Bay dan asisten profesor psikologi dan neuroscience.

Scullin mengatakan penelitian lebih lanjut masih diperlukan, Anda mungkin tidak perlu melakukan ini setiap malam untuk mendapatkan keuntungan dari tidur yang lebih baik.

"Dugaan terbaik saya dan tanpa data adalah bahwa hal itu akan paling efektif bila sedang merasa stres," jelas Scullin.

Tapi, sekali lagi, beberapa dari kita bekerja dalam pekerjaan di mana selalu memiliki daftar panjang, jadi dalam situasi itu mungkin sangat membantu setiap malam.

Cobalah untuk tidak meraih smartphone Anda saat harus menuliskan daftar tersebut.

"Saya akan merekomendasikan menulis di atas kertas daripada menggunakan telepon Anda," kata Scullin.

Pasalnya, cahaya yang dipancarkan dari ponsel bisa mengurangi produksi melatonin dan membuat Anda justru menjadi merasa lebih waspada dan membuat lebih sulit untuk tertidur.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tidur Cukup Bisa Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler