7 Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food

Minggu, 31 Mei 2020 – 04:33 WIB
Fast food (Ilustrasi). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Hampir setiap orang tidak bisa menolak kenikmatan makanan cepat saji atau junk food. Bahkan, tak sedikit pula orang yang kecanduan junk food dan benar-benar tidak bisa lepas darinya. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, Anda sebaiknya segera berupaya menghentikan kebiasaan makan junk food terlalu sering karena jenis makanan tersebut bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker.

BACA JUGA: 3 Cara Mengatasi Kecanduan Fast Food

Cara Mengatasi Kecanduan Fast Food

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai upaya menghilangkan kecanduan fast food, yaitu:

BACA JUGA: Waspada, Fast Food Meningkatkan Kasus Obesitas

1. Rencanakan Menu Makan Anda

Anda mungkin beranggapan bahwa cara paling cepat dan simpel untuk mengatasi kelaparan adalah dengan memesan makanan cepat saji. Cara ini memang tidak sepenuhnya salah, tapi sebaiknya dihindari.

BACA JUGA: Wulan Guritno Belum Bisa Menikmati

Caranya, buat rencana menu makan sehari-hari dan upayakan untuk menyiapkan bahan-bahannya sendiri di rumah. Dengan adanya rencana ini, Anda tidak akan tergiur untuk memesan dan mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu, menyiapkan makanan sendiri di rumah juga lebih higienis dan sehat.

2. Konsumsi Cukup Serat

Ketika Anda mengonsusmi serat dalam jumlah cukup setiap hari, tubuh akan lebih mudah kenyang. Untungnya lagi, rasa kenyang ini akan bertahan lebih lama sehingga Anda tidak mudah tergoda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

3. Konsumsi Cukup Protein

Selain serat, konsumsi protein yang cukup juga dapat membantu Anda untuk menahan keinginan untuk menyantap makanan lain, termasuk fast food. Ini karena protein merupakan makronutrien yang dapat menjaga rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat.

Tingkatkan konsumsi protein dari ikan, kacang-kacangan, dan sayur, sehingga keinginan untuk konsumsi fast food dapat ditekan.

4. Siapkan Camilan Sehat

Konsumsi makanan cepat saji tidak selalu karena merasa lapar. Bisa saja karena Anda sedang ingin ngemil yang simpel dan terasa nikmat di lidah, sehingga yang dijadikan sebagai pilihan adalah fast food.

Guna menyiasati hal tersebut, cobalah untuk mengalihkan keinginan makan camilan dengan minum air putih. Jika tetap ingin ngemil, Anda dapat memilih camilan sehat seperti buah-buahan.

5. Buat Piring Makan Lebih Berwarna

Piring makan yang diisi dengan menu berwarna-warni tentu akan lebih menarik saat dilihat. Karenanya, cobalah untuk mengombinasikan jenis menu sehat yang sebagian besar terdiri dari sayur dan buah-buahan.

Kombinasi sayur dan buah yang beragam di atas piring bisa membuat lidah Anda merasakan sensasi baru setiap harinya. Tentu saja, hal ini lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi junk food yang mungkin akan terasa begitu-begitu saja.

6. Berikan Sugesti bahwa Fast Food Tidak Sehat

Berbagai penelitian telah membuktikan bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan. Selain meningkatkan risiko obesitas, konsumsi makanan cepat saji juga dapat mencetuskan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Anda sebaiknya paham betul akan hal tersebut. Buat apa membeli makanan yang tak bergizi serta dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya? Hal inilah yang perlu ditanamkan dalam diri sebelum memilih makanan cepat saji.

7. Cukupi Waktu Istirahat

Kebiasaan begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk konsumsi makanan cepat saji. Karena itu, sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat Anda dengan tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Pastikan pula Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik, agar bisa terbangun dengan kondisi segar dan bugar.

Lakukanlah dengan konsistensi yang tinggi, agar Anda bisa sepenuhnya terbebas dari jerat makanan tidak sehat yang satu ini.(NB/HNS/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler