7 Cara Menjaga Imun saat Menonton Pertandingan Bola Dini Hari

Senin, 21 Desember 2020 – 19:35 WIB
Ilustrasi menonton bola. Foto: football-talk

jpnn.com - Bagi generasi milenial nonton pertandingan bola menjadi salah satu cara mengisi jenuh selama masa pandemi. Apalagi banyak liga yang sedang dihelat akhir-akhir ini, baik pertandingan lokal maupun dunia.

Bahkan memantau livescore tim jagoan adalah rutinitas yang tak bisa dilepaskan. Berikut ada beberapa tips cara sehat menjaga imun meskipun harus tidur larut malam setelah nonton bola. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: BIN Sebut FPI Sebar Hoaks, Begini Keadaan Rizieq, FPI Klaim Didukung Kedubes Jerman

1. Tidur Siang Cukup

Jadwal pertandingan bola biasanya disiarkan ketika malam hari bahkan dini hari. Hal ini karena perbedaan waktu antara Indonesia dengan negara lain.

BACA JUGA: Penyerang Munich Jadi Pesepak bola Terbaik 2020

Alhasil waktu tidur anda di malam hari tergantikan dengan agenda menonton bola. Lain cerita bila pertandingan yang berlangsung berasal dari dalam negeri. Zona waktunya masih sama jadi anda tidak perlu begadang. 

Anda perlu mengganti waktu tidur malam dengan tidur siang yang cukup. Beri batasan waktu siang sekitar 30 menit agar badan kembali fresh.

BACA JUGA: Dahsyat, Pemain Ini Diganjar Pesepak bola Terbaik Untuk Kelima Kalinya

Anda bisa memperkirakannya sembari memeriksa live score dari pertandingan di web spbo. Meskipun tidak selama durasi tidur malam, tetapi tidur siang akan membantu anda berjaga saat nonton bola.

2. Jaga Pola Makanan Bergizi

Pemicu berbagai penyakit yang menyerang tubuh kebanyakan berasal dari makanan. Anda sering mengonsumsi makanan kurang bergizi yang bisa merusak kesehatan. Ditambah lagi pola makan yang berantakan semakin melemahkan imun tubuh.

Alhasil virus mudah masuk ke dalam tubuh dan melumpuhkan fungsi dari beberapa organ tubuh.

Khususnya di masa pandemi seperti ini yang mana virus Covid 19 cepat menyerang ketika imun tubuh lemah. Maka dari itu bagi anda yang suka nonton bola dini hari, sebisa mungkin untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Perbanyak asupan sayur dan buah yang kaya serta serta antioksidan. Jangan lupa tetap memantau live skor untuk mengetahui info terbaru soal tim jagoan.

3. Luangkan Waktu untuk Olahraga

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda perlu berolahraga secara rutin. Anda bisa memilih banyak cabang olahraga yang tersedia, sesuaikan saja dengan kemampuan dan waktu luang.

Di masa pandemi seperti ini, anda disarankan tidak memilih olahraga yang berkerumun. Bersepeda atau jogging merupakan dua jenis olah tubuh yang dilakukan akhir-akhir ini.

Aktivitas olaharga ini memang dianjurkan untuk persiapan jangka panjang begadang. Khususnya bagi anda yang mempersiapkan diri untuk menonton bola dini hari sehingga jam tidur yang terbalik tidak banyak melemahkan imun tubuh.

4. Perhatikan Posisi Saat Menonton

Web bola merupakan objek keseruan bagi para pecinta bola. Di mana anda bisa memantau perkembangan tim andalan.

Hal tersebut penting untuk mengetahui kapan liga akan berlangsung sehingga anda bisa mempersiapkan diri lebih awal, mulai dari waktu tidur sampai tempat nonton yang nyaman.

Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar yang menyiarkan live streaming pertandingan bola.

Belum lagi ketika sudah seru menonton anda sering kali terlena dengan posisi duduk. Tak heran bila acara nonton telah usai justru anda mendapati badan pegal-pegal. Oleh sebab itu, pilih tempat duduk yang sekiranya nyaman dan tidak mengganggu agenda nonton bola.

5. Sediakan Camilan Sehat

Bagi pecinta bola tidak boleh ketinggalan informasi live skor sedikitpun. Begitu pun camilan yang harus tersedia ketika menonton bola.

Biasanya anda menyiapkan aneka keripik, kue-kue kering, atau kacang kulit. Namun, tanpa anda sadari makanan ringan tersebut memicu penyakit di kemudian hari. Apalagi tidak diimbangi dengan air putih justru kopi atau minuman soda.

Alhasil Anda justru menumpuk beragam pemicu penyakit, serta tanpa sadar menaikkan kadar gula. Cobalah mengganti camilan tersebut menjadi buah-buahan, seperti apel atau jeruk.

Buah-buahan mengandung serat yang berefek mengeyangkan dan menyehatkan tubuh. Bahkan mempunyai kadar vitamin tinggi yang bagus untuk memperbaiki organ-organ yang sempat rusak.

6. Jaga Jarak Saat Menonton

Salah satu resiko saat menonton bola berjam-jam ialah mata yang mudah lelah. Jika hal ini dibiarkan berlarut maka akan mengganggu kesehatan mata.

Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan jarak pandang ketika menonton bola. Usahakan cahaya dalam ruang terang sehingga tidak membuat mata sakit. Bila perlu gunakan kacamata untuk menangkal radiasi cahaya dari layar.

7. Lakukan Senam Otot Sebentar

Duduk dalam jangka waktu lama membuat tubuh anda pegal-pegal dan kesemutan. Maka tidak ada salahnya melakukan peregangan sejenak ketika menonton bola. Tidak perlu gerakan berat, senam kecil di tempat atau menarik tangan sudah cukup.

Dengan begitu anda bisa mengurangi resiko kram secara tiba-tiba. Menonton bola menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi para pecinta olahraga ini.

Terlebih lagi di masa pandemi kegiatan tersebut menjelma menjadi hiburan dadakan. Bila mengingat aturan protokol kesehatan yang tidak mengizinkan masyarakat keluar rumah. Anda dapat melihat live skor pertandingan bola dalam website spbo.  (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler