7 Kebiasaan Buruk ini Menyabotase Tidur Anda

Jumat, 16 Agustus 2019 – 15:27 WIB
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Tidur yang baik dan berkualitas merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun sayangnya, istirahat malam yang baik terkadang terasa tidak mungkin tercapai.

Berikut adalah beberapa kebiasaan mengejutkan yang bisa menyabotase tidur Anda, seperti dilansir laman Care2, Kamis (15/8).

BACA JUGA: 8 Cara Mengatasi Insomnia

1. Makan pada tengah malam 

Makan sebelum tidur tentu bisa membuat Anda merasa lelah karena darah dari kepala Anda mengalir cepat ke perut untuk membantu proses pencernaan, tetapi hal itu juga memengaruhi metabolisme Anda.

BACA JUGA: Ini 8 Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui

Ini juga menyebabkan gula darah Anda melonjak yang menghasilkan kualitas istirahat yang lebih buruk.

2. Minum minuman yang mengandung kafein

BACA JUGA: Kiat Mengurangi Stres untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Kemungkinannya adalah, Anda tahu untuk menghindari stimulan, seperti kopi atau minuman berenergi, pada sore hari jika Anda kesulitan tidur.

Namun, jika Anda kesulitan mendapatkan istirahat yang berkualitas, Anda mungkin harus mulai memeriksa untuk memastikan Anda tidak mengonsumsi kafein secara tidak sengaja, bahkan ketika Anda tidak bermaksud melakukannya.

Cokelat, teh, soda, es krim, cokelat panas, dan bahkan beberapa sereal bisa mengandung banyak kafein.

3. Memainkan gadget di atas tempat tidur 

Anda mungkin tergoda untuk membawa laptop atau ponsel Anda ke ranjang, tetapi cahaya biru yang dipancarkan oleh berbagai perangkat digital Anda sebenarnya membuat tubuh Anda lebih sulit memproduksi melatonin, hormon yang mengendalikan ritme sirkadian manusia.

4. MEMILIKI NIGHTCAP

Terkadang, memanjakan diri sebelum tidur bisa menyebabkan perasaan mengantuk yang menyenangkan, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengandalkan alkohol untuk membantu Anda tidur di malam hari.

Meskipun minum sebelum tidur mungkin membuat Anda merasa lelah, alkohol sebenarnya berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk dan bahkan bisa menghambat tidur REM, yang dianggap sebagai salah satu jenis tidur paling memulihkan yang bisa Anda dapatkan.

5. Hitting snooze

Meski tergoda untuk tetap di tempat tidur setelah tidur nyenyak di malam hari, terkadang lebih baik tetap berpegang pada rutinitas tidur Anda — bahkan setelah malam yang panjang. Semakin lama Anda tidur, maka semakin akhirnya mengganggu siklus tidur alami Anda, yang pada akhirnya bisa membuat Anda semakin sulit untuk tertidur tepat waktu.

6. Meningkatkan suhu kamar tidur Anda

Tahukah Anda bahwa suhu tubuh Anda turun saat malam tiba? Itu benar — alasan suhu tubuh Anda lebih rendah di malam hari daripada di pagi hari adalah karena Anda lebih mudah tertidur. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu di kamar, cobalah untuk menjaga suhu antara 15-19 derajat Celcius untuk mendapatkan tidur yang optimal.

7. Latian

Ya, itu benar — olahraga intens dalam waktu satu jam sebelum tidur benar-benar bisa merusak kualitas tidur Anda, karena detak jantung Anda tidak punya cukup waktu untuk turun sebelum Anda tidur. Tentu saja, itu tidak berarti Anda harus melewatkan latihan sama sekali. Ini hanya berarti Anda harus menyimpan aktivitas kardio yang berat untuk hari selanjutnya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 3 Tanda Tidur Terganggu Akibat Stres


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler