7 Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan

Rabu, 25 Desember 2019 – 22:48 WIB
Milk Thistle. Foto: groworganic

jpnn.com, JAKARTA - Milk thistle berasal dari keluarga daisy dan ragweed. Tanaman ini berasal dari negara-negara Mediterania. Milk thistle bisa mencapai tinggi 2 meter, mempunyai bunga berwarna ungu, dan daun milk thistle memiliki pola putih berbintik-bintik.

Dalam makanan, daun milk thistle dan bunganya dimakan sebagai sayuran untuk salad dan pengganti bayam. Namun, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan herbal melalui suplemen.

BACA JUGA: Ini Jenis Makanan yang Aman bagi Penderita Diabetes Saat Natal

Manfaat penggunaan milk thistle bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Meningkatkan Kesehatan Hati

BACA JUGA: Kata Pakar, Serangan Jantung Berisiko Memicu Kanker

Milk thistle mengandung silymarin, bahan aktif yang melindungi hati. Bahannya adalah sekelompok flavonoid yang memperbaiki sel-sel hati yang rusak oleh alkohol dan racun lainnya. Silymarin juga melindungi sel-sel hati baru dari kehancuran.

2. Melindungi Ginjal Dan Kantung Empedu

BACA JUGA: 7 Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal

Milk thistle juga melindungi sel-sel ginjal, terutama dalam kasus neuropati diabetik (suatu kondisi pada diabetes di mana fungsi ginjal terganggu). Milk thistle juga mendukung detoksifikasi ginjal dan kantong empedu.

3. Pengobatan Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa ketika digabungkan dengan pengobatan tradisional, milk thistle bisa membantu seseorang dengan diabetes. Milk thistle juga bisa meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah. Milk thistle juga mengandung senyawa lain yang disebut silibin, yang ditemukan memiliki efek positif pada beberapa komplikasi diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Milk thistle bisa menurunkan kolesterol jahat dan karenanya mengurangi risiko penyakit jantung. Milk thistle juga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan menurunkan peradangan, yang bisa membantu membersihkan darah dan mencegah kerusakan pada arteri karena stres oksidatif. Ramuan ini juga mencegah penipisan glutathione, yang merupakan antioksidan utama yang melawan stres oksidatif dan mencegah penyakit jantung.

5. Membantu Pengobatan Kanker

Silybin dalam milk thistle bisa meningkatkan fungsi obat kemoterapi tertentu, terutama dalam kasus kanker ovarium. Ramuan itu juga ditemukan memperlambat perkembangan sel kanker prostat. Beberapa penelitian pada hewan juga menemukan bagaimana milk thistle bisa mengurangi efek samping kemoterapi. Studi lain menyatakan bahwa milk thistle bisa menyebabkan kematian sel kanker dalam kasus kanker usus besar dan payudara.

6. Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa penelitian awal yang menunjukkan bagaimana milk thistle bisa membantu penurunan berat badan yang sehat.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa milk thistle bisa melindungi seseorang dari multiple sclerosis dan penyakit Parkinson. Silymarin juga ditemukan untuk menekan pembentukan protein beta amiloid, yang sering dikaitkan dengan Alzheimer.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler