7 Pj Bupati dan Wali Kota di Sumsel Dilantik, Begini Pesan Herman Deru

Selasa, 19 September 2023 – 17:04 WIB
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru telah resmi melantik tujuh penjabat (Pj) bupati dan wali kota di wilayahnya. Foto: dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru telah resmi melantik tujuh penjabat (Pj) bupati dan wali kota di wilayahnya.

Mereka akan meneruskan kepemimpinan di sejumlah kabupaten dan kota setelah elantikan yang digelar di Griya Agung Palembang, Senin (18/9).

BACA JUGA: Atasi Karhutla di OKI dan Ogan Ilir, Polda Sumsel Tambahkan 126 Personel

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru menitipkan sejumlah pesan khusus kepada Pj bupati dan wali kota yang dilantik.

Dia menekankan agar tujuh Pj tersebut memegang teguh serta menjalankan dengan baik amanat yang diberikan negara.

BACA JUGA: Herman Deru Paparkan Capaian Pemprov Sumsel, dari Penurunan Stunting Hingga Tekan Kemiskinan

"Negara percaya dan yakin jika para Pj bupati dan wali kota ini dapat melanjutkan kepemimpinan sebagai kepala daerah. Kepercayaan ini harus dijaga dengan baik," kata Herman Deru.

Herman Deru juga meminta para Pj untuk tetap menjaga komunikasi baik dengan bupati atau wali kota sebelumnya maupun dengan jajaran instansi vertikal.

"Koordinasi dan sinergitas ini penting agar pembangunan yang sebelumnya telah dilakukan dapat terus dilanjutkan. Pembangunan harus tetap berjalan sesuai warna daerah masing-masing dan berdasarkan RPJMD," terangnya.

Apalagi, lanjutnya, para Pj bupati dan walikota tersebut harus dihadapkan dengan tantangan berat yakni tahun politik.

"Menghadapi tahun politik, kita harus kerja cerdas dan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Selain itu, Pj bupati dan wali kota juga harus berhadapan dengan PR yang belum tuntas. Seperti upaya penurunan stunting, angka kemiskinan, dan lainnya.

"Termasuk juga pembangunan di daerah eks transmigrasi. Pembangunan di wilayah ini adalah tanggung jawab bersama tanpa melihat di bawah wewenang siapa. Pj bupati dan wali kota harus meninggalkan warisan atau legacy saat kembali lagi menjadi ASN ," ujarnya.

Adapun tujuh Pj bupati dan wali kota yang dilantik tersebut yakni Pauzan Khoiri sebagai Pj Bupati Empat Lawang, Lusapta Kurnia Yudha sebagai Pj Wali Kota Pagaralam, Ratu Dewa sebagai Pj Wali Kota Palembang, Ahmad Rizali sebagai Pj. Bupati Muara Enim, Hani Sopiar Rustam sebagai Pj Bupati Banyuasin, Trisko Defriyansa sebagai Pj Wali Kota Lubuklinggau, dan Elman sebagai Pj Wali Kota Prabumulih.

Sebelumnya, jabatan Bupati Empat Lawang diemban oleh Joncik Muhammad, Wali Kota Pagaralam Alfian Maskoni, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, Bupati Banyuasin Askolani Jasi, Wali Kota Lubuklingga Prana Putra Sohe, dan Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya.

Selain Pj bupati, pelantikan juga dilakukan terhadap Ketua TP PKK tujuh kabupaten dan kota tersebut oleh Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru dan pelantikan Sekda lima kabupaten dan kota oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

"Kami minta kepada keluarga Pj bupati dan wali kota untuk menjaga nama baik. Untuk Sekda, jalankan tugas pokok sebaik-baiknya," imbuhnya.

Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan dirinya akan terus mengedepankan pembangunan prioritas yang telah digagas.

"Mulai dari layanan publik, infrastruktur perkotaan, jalan, penerangan, pendidikan, dan kesehatan. Ini akan terus kami upayakan," katanya.

Termasuk juga program penurunan angka stunting hingga pengendalian inflasi.

"Menyoal kabut asap, saat ini kami sudah turunkan tim dan berkoordinasi dengan TNI/Polri," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, anggota DPR RI Wahyu Sanjaya, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, Gubernur Sumsel periode 2003-2008 Syahrial Oesman, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas, Danlanud Sri Mulyono Palembang Kol. Pnb Sigit Gatot, Danlanal Palembang Kol. Laut (P) Widyo, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj. Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Hasbi Asadiki, Ketua Komisi III DPRD Sumsel M Yansuri, Anggota Komisi V DPRD Sumsel Alfrenzi Panggarbesi, dan Rizal Kenedi.(jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler