7 Tahun Eksistensi Vivo di Indonesia: Konsisten Berinovasi Hasilkan Fitur Unggulan

Senin, 07 Juni 2021 – 10:10 WIB
Vivo X60 Pro. Foto: Vivo Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pembuat telepon pintar vivo menempatkan Indonesia sebagai pasar penting. Sejak 2014, raksasa teknologi asal Tiongkok itu merambah pasar Indonesia dengan berbagai produk andalannya.

“Pencapaian vivo sepanjang tujuh tahun ini tak lepas dari dukungan dan kepercayaan konsumen terhadap vivo di Indonesia," ujar Senior Brand Director vivo Indonesia Edy Kusuma, Senin (7/6).

BACA JUGA: Vivo Indonesia Mulai Buka Pemesanan V21 5G

Edy menjelaskan industri yang kompetitif dan tantangan akan inovasi memacu vivo terus berupaya menghasilkan produk berkualitas global yang dipercaya konsumen.

"Kami juga terus mendalami profil konsumen dan gaya hidup mereka untuk menghadirkan produk yang relevan dan inklusif bagi berbagai segmen,” tuturnya.

BACA JUGA: Vivo X60 Series Sudah Bisa Dipesan, Harganya?  

Brand vivo sebenarnya sudah eksis sejak 1995. Namun, vivo baru masuk ke pasar ponsel pada 2003.


Peluncuran vivo X60 Series. Foto: Vivo Indonesia

BACA JUGA: Vivo V21 5G Meluncur di Indonesia, Punya 3 Kamera, Sebegini Harganya 

Perusahaan teknologi yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, itu meluncurkan ponsel pertamanya dengan merek vivo pada 2011. Tiga tahun kemudian atau 2014, vivo merambah pasar internasional dengan meluncurkan sejumlah produknya di berbagai negara, antara lain, Indonesia dan India.

Juni 2015 menjadi momen bersejarah bagi vivo ketika memilih Indonesia sebagai lokasi peluncuran seri X5 Pro. Pada masa itu, varian tersebut sudah dilengkapi kamera dan audio berkualitas tinggi.

Meski hadir sebagai penantang bagi merek-merek yang telah lama eksis di Indonesia, vivo ternyata mampu menunjukkan eksistensinya. Selama tiga tahun berturut-turut, vivo masuk jajaran tiga besar brand leaders ponsel pintar di Indonesia.

Pada 2020, vivo mengukuhkan posisinya. Tahun lalu, vivo membuktikan diri sebagai kampiun brand smartphone di Indonesia.

Selama tujuh tahun eksis di Indonesia, vivo telah menghadirkan sejumlah varian, antara lain, V Series, S Series dan Z Series yang diperkenalkan pada 2019. Untuk smartphone entry-level yang dilengkapi fitur-fitur dasar, vivo memiliki Y Series, sedangkan untuk produk andalannya ada X Series.

Pada Mei 2016, vivo meluncurkan V3 sebagai versi perdana V Series yang memiliki fitur kamera depan. Hingga 2021, vivo telah meluncurkan 20 varian V Series di Indonesia.

Kalangan milenial di Indonesia merupakan segmen penting bagi vivo. Oleh karena itu, vivo meluncurkan varian V Series yang ekspresif, modis, dan aktif, yakni V5 (2016), V7 Plus (2017), V15 dan V15 Pro (2019).

Semua varian itu dilengkapi kamera depan dengan resolusi tertinggi di dunia dan mekanisme yang inovatif dan desain elegan.

Smartphone dengan kamera untuk fotografi profesional merupakan fitur unggulan yang ditawarkan vivo melalui X Series. Pada 2020, vivo melakukan langkah besar dengan memasang Gimbal Stabilization Camera pada seri X50.

Teknologi Gimbal yang biasa digunakan fotografer dan sinematografer profesional itu hadir di genggaman pengguna vivo yang ingin membuat gambar maupun video lebih stabil dari gawai ramping.

Inovasi vivo berlanjut. Baru-baru ini, vivo meluncurkan V21 5G yang tetap mengusung kamera depan sebagai fitur unggulan.

Varian baru itu didukung fitur OIS Night Camera dengan Super Night Selfie beresolusi 44MP pada kamera depan.

Adapun pada awal tahun ini, vivo meluncurkan X60 Series, sebuah smartphone 5G yang dilengkapi teknologi Gimbal Stabilization 2.0 dan Extreme Night Vision 2.0. Seri itu merupakan produk perdana vivo dengan kamera yang dilengkapi ZEISS Imaging System.

Fitur hasil kolaborasi global vivo dengan ZEISS itu mampu menghadirkan gambar dan video berkualitas. Seperti halnya V21 5G Series, varian X60 Series, baik X60 maupun X60 Pro, sudah didukung jaringan 5G di Indonesia.

“Sejalan dengan perluasan portofolio produk, vivo terus berkomitmen untuk mengeksplorasi inovasi yang dapat dihadirkan dalam fitur-fitur esensial yang mendukung pengalaman mobile yang semakin optimal. Saat ini, fokus inovasi vivo adalah long-track phase yang meliputi pengembangan pada hardware dan komponen cerdas didalamnya seperti fitur Gimbal Stabilization pada X Series, dan Dual OIS Night Camera yang membuat pengalaman fotografi semakin profesional,” ujar Edy Kusuma.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bangun Pusat R&D, Vivo Siap Kembangkan Fitur Fotografi


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler