8 Cara Alami Mengatur Kadar Gula Darah Anda

Selasa, 08 Mei 2018 – 14:08 WIB
Mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Foto: Allodokter

jpnn.com - Menjaga kadar gula darah agar sesuai yang direkomendasikan oleh dokter, memang merupakan hal yang tak mudah.

Pasalnya, banyak hal yang membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba.

BACA JUGA: 4 Manfaat Media Sosial untuk Kesehatan

Berikut beberapa cara terbaik untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan kadar gula darah yang normal, seperti dilansir laman Care2.

1. Cuka Sari Apel

BACA JUGA: 3 Hal Tak Terduga Penyebab Obesitas

Cuka sari apel ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition Review, yang mengulas penelitian terkini tentang sifat kesehatan cuka sari apel, para peneliti menemukan bahwa cuka sari apel membantu menurunkan gula darah.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan namun aman untuk ditambahkan ke diet kebanyakan orang.

BACA JUGA: 6 Langkah Mudah Mengatasi Radang Tenggorokan

Encerkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu ons atau dua gelas air dan minum sebelum makan. Tambahkan ke minyak zaitun dan rempah-rempah (seperti ketumbar atau jahe) untuk membuat dressing salad Anda sendiri.

2. Blueberry

Blueberry segar atau beku cukup lezat untuk dinikmati begitusaja, tapi Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk menyeimbangkan gula darah saat Anda memakannya.

Penelitian di The Journal of Nutrition menemukan bahwa penambahan blueberry pada diet meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar gula darah.

Konsumsilah setengah cangkir blueberry segar atau beku setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

3. Ketumbar

Ketumbar secara tradisional digunakan di bagian Eropa dan Afrika Utara untuk memerangi diabetes.

Pada tahun 2011, tim ilmuwan Maroko memutuskan untuk menguji khasiatnya dalam sebuah penelitian.

Mereka menemukan bahwa ketika ketumbar ditambahkan pada makanan hewan, ia memperbaiki atau menormalkan banyak gejala metabolik diabetes.

4. Kayu Manis

Penelitian di jurnal Lipids in Health and Disease menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi kadar gula darah tinggi dan membantu mengatur gejala sindrom metabolik lainnya, yang merupakan kumpulan gejala, termasuk lemak perut, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, trigliserida abnormal serta kadar glukosa tinggi.

Hal ini sering merupakan pendahulu diabetes, penyakit jantung dan stroke.

5. Kelapa

Kelapa segar bukan hanya makanan ringan yang lezat, penelitian di Journal of Complementary and Integrative Medicine menemukan bahwa mengonsumsi kelapa segar membantu mengatur kadar gula darah pada orang sehat.

6. Dandelion

Dandelion adalah sumber peredam gula darah alami, yang dikenal sebagai alpha-glukosidase, jadi tidak mengherankan jika para ahli kesehatan tradisional menggunakan dandelion selama bertahun-tahun untuk membantu mengatur kadar gula darah dan dalam pengobatan diabetes.

7. Olahraga

Olahraga teratur membantu menggunakan gula sebagai bahan bakar untuk otot.

Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak yang diterbitkan di Journal of Science and Medicine in Sport, para peneliti menemukan bahwa peningkatan tingkat aktivitas membantu menurunkan kadar gula darah. Tentu saja, penelitian ini juga berlaku untuk orang dewasa.

8. Jahe

Dalam sebuah penelitian, para periset menemukan bahwa jahe secara signifikan menurunkan kadar gula darah, selain mengatur kadar kolesterol darah dan menunjukkan bahwa ramuan tersebut mungkin menawarkan potensi sebagai pengobatan diabetes alami pada manusia.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Kunci Agar Hubungan Anda Bahagia dengan Pasangan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler