8 Cara Alami yang Bisa Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Senin, 29 November 2021 – 08:50 WIB
Sakit Perut. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MENSTRUASI merupakan tamu bulanan wanita yang biasanya diiringi dengan gejala seperti perut kram, payudara nyeri dan lainnya.

Walau begitu, memiliki menstruasi teratur tentu merupakan hal yang diinginkan setiap wanita.

BACA JUGA: Menstruasi Dini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Namun, ada beberapa wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur.

Hal ini biasanya terjadi karena stres, mengonsumsi obat dan lainnya.

BACA JUGA: 3 Manfaat Berhubungan Ranjang Saat Menstruasi

Nah, jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, beberapa cara ini mungkin bisa membantu.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

BACA JUGA: Tips Menjelaskan tentang Menstruasi kepada Anak Perempuan

1. Jadikan yoga sebagai gaya hidup

Pilihan pengobatan alternatif yang sangat tua ini bisa secara efektif membantu mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Yoga bekerja dengan mengatur produksi hormon Anda. Yoga juga bisa membantu memberikan bantuan dari nyeri haid dan gejala lain yang terkait dengan kondisi seperti depresi dan kecemasan.

Beberapa pose yoga yang bisa Anda lakukan antara lain pose Downward-Facing Dog, pose Bridge, pose Bound Angle.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, jika Anda kelebihan berat badan dan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, menurunkan berat badan bisa membantu Anda menyingkirkan kondisi tersebut.

Khususnya, Anda diharuskan memiliki berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi badan Anda.

Kehilangan terlalu banyak berat badan hanya akan memperburuk kondisi.

Saat Anda mengalami obesitas, sel-sel lemak di tubuh justru berdampak negatif pada hormon dan insulin tubuh kamu. Inilah yang menyebabkan masalah.

Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, pertama-tama Anda harus memilih makanan sehat seperti sayuran hijau. Hindari gula dan makanan yang kaya akan lemak jenuh.

3. Jalan

Berolahraga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, dan, salah satunya adalah untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur.

Ini bisa membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang penting untuk mencegah sindrom ovarium polikistik, faktor yang diketahui di balik siklus menstruasi yang tidak teratur.

Melakukan 30 menit latihan aerobik seperti jalan cepat, lari, berenang secara teratur bisa membantu Anda mengatur siklus menstruasi Anda.

4. Tambahkan jahe ke makanan Anda

Jahe membantu dalam meredakan gejala menstruasi seperti nyeri, kecemasan, perubahan suasana hati dan gejala fisik dan perilaku lainnya.

Ini sangat efektif dalam mengatur aliran menstruasi Anda. Jika Anda ingin mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur dengan jahe, minumlah dalam bentuk jus.

5. Konsumsi kayu manis

Kayu manis berpotensi membantu menyeimbangkan sekresi hormon Anda dan mengatur menstruasi.

Kayu manis juga bisa membantu Anda menghilangkan gejala menstruasi.

Anda bisa mengonsumsi kayu manis dengan mencampurnya ke dalam susu. Selain itu, Anda bisa menambahkannya ke dalam makanan kamu.

6. Kunyit

Dianggap sebagai salah satu tanaman obat terbaik, kunyit berpotensi menyeimbangkan sekresi hormon estrogen dan mengobati menstruasi yang tidak teratur.

Juga, karena sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasinya, rempah-kuning ini bisa meredakan rasa sakit yang terkait dengan menstruasi.

Anda bisa meminumnya dengan susu, madu, atau gula merah.

Asupan teratur selama beberapa minggu bisa memberikan hasil yang diperlukan.

7. Minum cuka sari apel

Terkadang, faktor-faktor seperti kadar gula darah tinggi dan sekresi insulin yang terganggu bertanggung jawab atas masalah menstruasi.

Mengonsumsi cuka sari apel bisa mengatasi masalah ini. Terutama, ini berpotensi mengembalikan menstruasi ovulasi pada wanita dengan PCOS.

Cuka sari apel juga bisa membantu Anda mengobati obesitas, faktor yang diketahui menyebabkan menstruasi tidak teratur. Untuk hasil yang lebih baik, minumlah 15 gram cuka sari apel.

8. Konsumsi nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Ini membantu melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi Anda.

Bromelain juga bisa membantu meringankan gejala menstruasi (kram menstruasi dan sakit kepala) karena sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya.

Mengonsumsi sekitar 80 gram buah ini secara teratur bisa memberikan hasil yang Anda inginkan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler