8 Cara Mudah Usir Sakit Kepala Saat Perjalanan Mudik

Rabu, 20 Juni 2018 – 13:36 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Arus mudik lebaran saat ini masih berlangsung. Ada yang sudah balik mudik maupun sebaliknya.

Saat mudik, tubuh biasanya rentan terkena penyakit, termasuk sakit kepala. Jangan sampai sakit kepala mengganggu kenyamanan Anda saat mudik.

BACA JUGA: Sudah 45 Persen Pemudik Kembali Lewat Pelabuhan Bakauheni

Penyebab tersering sakit kepala saat perjalanan mudik ialah mabuk perjalanan dan migrain (sakit kepala sebelah). Mabuk perjalanan saat berada di dalam kereta api, kapal ataupun mobil berhubungan dengan sakit kepala.

Selain itu, jika Anda memilih menggunakan moda transportasi udara, perubahan tekanan udara di kabin pesawat dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga menimbulkan keluhan sakit kepala sebelah.

BACA JUGA: Sebut Mudik Neraka, Habiburokhman Disindir Relawan Jokowi

Berikut tips mengatasi sakit kepala saat mudik:

1. Rencanakan mudik dengan baik.

BACA JUGA: Mudik Pakai Motor? Simak 5 Kiat ini

Stres merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Hindari stres saat mudik dengan mempersiapkan semua hal dari jauh-jauh hari. Persiapkan barang bawaan Anda paling lambat satu hari sebelum hari keberangkatan, dan buat daftar barang yang akan dibawa agar tak ada yang tertinggal.

2. Istirahat yang Cukup.

Sebelum mudik, pastikan Anda mempersiapkan tubuh dengan beristirahat yang cukup. Hindari melakukan kegiatan berat atau aktivitas hingga larut malam sebelum mudik. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Selama perjalanan, jika Anda berada di kursi penumpang, luangkan waktu untuk tidur. Sedangkan jika mengendarai mobil, Anda bisa beristirahat setiap dua jam agar tidak kelelahan. Kurang tidur dapat memicu sakit kepala.

3. Penuhi kebutuhan cairan.

Kekurangan cairan tubuh bisa menimbulkan keluhan pusing dan badan lemas. Penuhi kebutuhan cairan dengan meminum air minimal 8 gelas atau 2 liter per hari.

4. Tahu batasan diri.

Kegiatan mudik menjadi ajang untuk bertemu dengan sanak saudara dan kerabat. Terlalu banyak aktivitas bisa menyebabkan kelelahan dan keluhan sakit kepala.

5. Jangan kalap saat makan.

Salah satu kebiasaan mudik Lebaran ialah mendatangi rumah-rumah kerabat di mana biasanya akan disediakan banyak sekali makanan. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan garam, santan, berlemak, serta berbau menyengat, karena bisa memicu sakit kepala sebelah. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

6. Pilih posisi duduk yang tepat.

Mabuk kendaraann merupakan salah satu pemicu sakit kepala sebelah. Bila memungkinkan, pilihlah posisi duduk di bangku depan. Jika menggunakan kereta api, jangan duduk membelakangi laju kendaraan.

Bukalah jendela mobil agar bisa menghirup udara segar dan hindari terlalu lama membaca buku atau melihat ponsel karena dapat memicu pusing dan mual.

7. Lakukan kegiatan yang membuat relaks.

Dengarkan musik-musik yang bisa membuat Anda relaks. Musik klasik atau mendengarkan suara air bisa membuat Anda relaks dan mencegah sakit kepala selama perjalanan. Tarik napas dalam juga merupakan salah satu teknik relaksasi.

8. Persiapkan obat-obatan.

Jika Anda memang memiliki riwayat migrain, jangan ragu membawa obat-obatan yang biasa Anda konsumsi selama mudik. Anda bisa pula membawa obat parasetamol atau ibuprofen untuk membantu menghilangkan nyeri kepala sejenak. Siapkan pula obat anti mabuk kendaraan.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan agar mudik Lebaran kali ini terbebas dari sakit kepala atau badan lemas karena nyeri di kepala.(NP/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bagikan Stiker saat Mudik, Relawan Puji Keberhasilan Jokowi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler