8 Kiat Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an

Rabu, 27 Februari 2019 – 14:30 WIB
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Pada usia 40-an, menurunkan berat badan akan terasa sulit dilakukan. Perubahan tingkat aktivitas, kebiasaan makan, hormon, dan cara tubuh menyimpan lemak adalah beberapa faktor penyebabnya. Akan tetapi, beberapa langkah sederhana ini bisa membantu berat badan Anda tetap ideal.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, penting menjaga berat tubuh tetap  ideal ketika memasuki usia 40 tahun.

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan Secara Instan? Ini Bahayanya

“Ini karena usia 40 dan berat badan berlebih akan sangat membahayakan kesehatan,” kata dia.

"Usia 40 tahun merupakan saat yang tepat untuk mengetahui tekanan darah, berat badan, nilai kolesterol, dan gula darah. Melakukan tes kesehatan bisa membantu Anda untuk mengetahui potensi adanya penyakit yang berbahaya," ujar dr. Rio.

BACA JUGA: Berat Badan ingin Cepat Turun? Coba Minum Campuran Kayu Manis dan Madu

Kelebihan berat badan dan obesitas berhubungan dengan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan stroke. Gangguan kesehatan ini rawan muncul ketika memasuki usia 40 tahun. Karena itu, menurunkan berat badan adalah salah satu cara membuat tubuh Anda tetap sehat.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menurunkan berat badan di usia 40-an.

BACA JUGA: Jaga Berat Badan Seimbang dengan Diet Karbohidrat

1. Perbanyak asupan buah dan sayuran

Isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali makan. Buah dan sayuran cenderung memiliki lebih banyak nutrisi dan lebih sedikit lemak dan kalori daripada daging, produk susu, atau biji-bijian. Buah juga membantu Anda merasa kenyang, bahkan jika Anda makan lebih sedikit. Buah-buahan segar, seperti apel dan beri, juga baik untuk menggantikan camilan yang tinggi lemak dan gula.

2. Jangan lewatkan sarapan

Para ahli merekomendasikan Anda untuk tidak melewatkan sarapan. Saat melewatkan sarapan, Anda mungkin akan merasa sangat lapar dan malah mengonsumsi makanan tidak sehat ketika makan siang.

“Meski terdengar sepele, sarapan sangat vital bagi tubuh Anda, apalagi jika Anda dituntut untuk bekerja total seharian,” kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter.

Menurut dr. Alberta, “Makanan yang dikonsumsi sewaktu sarapan bukan hanya banyak dan mengenyangkan, tetapi juga bergizi lengkap dan seimbang. Yakni mengandung karbohidrat, protein atau zat pembangun, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang banyak diperoleh dari sayur dan buah-buahan.”

3. Makan lebih sedikit pada malam hari

Penurunan berat badan akan lebih mungkin terjadi ketika Anda makan lebih sedikit pada malam hari. Meski demikian, perlu juga diperhatikan untuk memilih makanan sehat dan kaya sehat saat malam hari.

4. Masak makanan sehat

Banyak lemak dan kalori ekstra dapat berasal dari cara Anda menyiapkan makanan. Alih-alih menggoreng makanan atau memasaknya dengan mentega atau banyak minyak, cobalah memanggang, membakar, atau merebus.

5. Kurangi kalori

Anda cenderung kurang aktif seiring bertambahnya usia. Akibatnya, Anda membutuhkan beberapa ratus kalori lebih sedikit dari biasanya. Untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin perlu mengurangi kalori lebih banyak lagi. Porsi yang lebih kecil dan melacak kalori Anda dengan buku harian makanan atau aplikasi dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

6. Fokus saat makan

Anda bisa tergoda untuk mengonsumsi makanan saat sibuk atau melakukan banyak tugas sambil makan. Akan tetapi, Anda lebih cenderung makan berlebihan dan menjadi lapar lagi segera jika Anda tidak fokus pada makanan Anda. Duduklah saat makan dan lihat apa yang ada di piring Anda (bukan apa yang ada di TV atau HP Anda). Hal ini membantu otak Anda menyadari ketika Anda sudah cukup kenyang.

7. Jangan stres

Stres dapat membuat Anda lebih cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih sulit memecah lemak. Cobalah yoga, melakukan pernapasan yang dalam, meditasi, berjalan-jalan, atau membaca buku yang bagus. Cara menghilangkan stres berbeda pada masing-masing orang, jadi temukan yang cocok untuk Anda.

8. Dapatkan tidur nyenyak

Orang-orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik lebih cenderung bertambah berat badannya. dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter menjelaskan, kebiasaan tidur yang buruk akan memicu otak untuk makan di malam hari, dan jenis makanan yang dipilih biasanya camilan yang tidak sehat.

“Kurang tidur juga dapat menghambat produksi leptin, hormon yang membuat Anda merasa kenyang,” ujar dr. Dyan Mega. Karena itu, carilah cara agar Anda dapat tidur nyenyak dan berkualitas. Misalnya, dengan menghindari stres dan minuman berkafein menjelang tidur malam.

Memasuki 40 tahun memang berarti adanya penurunan metabolisme tubuh yang membuat tubuh lebih mudah “melar”. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha ekstra untuk menurunkan berat badan di usia 40-an. Selain cara-cara di atas, pastikan juga Anda memiliki waktu berolahraga yang rutin.(HNS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seberapa Efektif Sarapan Membantu Menurunkan Berat Badan?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler