8 Makanan ini Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Selasa, 31 Januari 2017 – 10:57 WIB
Ilustrasi. Foto Catholiclane

jpnn.com - jpnn.com - Banyak orang takut makan malam karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Tapi tahukah Anda, kalau sejumlah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur justru bisa membuat suasana hati Anda membaik.

BACA JUGA: Cara Mudah Tidur Nyenyak Dalam 5 Menit

Berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur, seperti dilansir laman Bedroom, Senin (30/1).

1. Ceri.

BACA JUGA: Kebiasaan Sehari-hari ini Bisa Menggangu Tidur Anda

Ceri, terutama ceri tart yang digunakan untuk memanggang kue, mengandung melatonin, hormon yang membantu Anda tidur nyenyak.

Untuk mendapat keuntungan dari buah ini, makanlah ceri satu atau dua jam sebelum tidur atau minum secangkir jus ceri tart dua kali sehari.

BACA JUGA: Makan di Atas Jam 7 Malam Bikin Gemuk?

2. Kenari.

Kenari mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur Anda. Selain itu, mereka juga mengandung triptofan, yang dikonversi menjadi melatonin dalam tubuh.

3. Pisang.

Pisang kaya akan magnesium dan kalium, dua mineral yang membantu mengendurkan otot-otot dan mempromosikan tidur. Pisang juga merupakan sumber yang baik dari triptofan.

4. Susu.

Segelas susu hangat bisa membantu Anda tidur. Susu juga kaya akan kalsium membantu otot-otot Anda menjadi rileks.

Ditambah, susu mengandung asam amino triptofan yang merupakan prekursor serotonin, hormon yang mempromosikan relaksasi dan perasaan tenang.

5. Almond.

Almond merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium yang membantu Anda rileks dan juga kaya akan protein, yang menjaga kadar gula darah tetap normal sepanjang malam.

Selain itu, almond juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan aktivitas otak dan menguatkan tulang Anda.

6. Selada.

Selada, terutama selada romaine, mengandung phytonutrient yang disebut lactucarium yang mampu menginduksi tidur, menghilangkan rasa sakit dan mempromosikan relaksasi.

7. Madu.

Gula yang terkandung dalam madu meningkatkan sedikit kadar insulin, sehingga triptofan lebih mudah masuk ke otak, di mana mampu membantu menginduksi tidur nyenyak.

8. Keju.

Seperti semua produk susu, keju mengandung kalsium yang membantu menghilangkan stres dan mengendurkan otot serta mengatur produksi melatonin tubuh Anda.(fny/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler