8 Makanan ini Bisa Atasi Nyeri

Senin, 23 Januari 2017 – 18:03 WIB
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Nyeri pada otot bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya saat olahraga dan akibat melakukan terlalu banyak aktivitas yang melelahkan.

Nyeri seperti ini bisa diatasi dengan pijat dan juga mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan potasium, magnesium, omega-3 serta protein, seperti susu, sayur dan buah seperti kentang, pisang, cherry dan blueberry.

BACA JUGA: Ms V Berjerawat, Normal kah?

Rupanya, masih banyak lagi variasi makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri tersebut, seperti dilansir laman MSN, Minggu (22/1).

1. Bayam.

BACA JUGA: 6 Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Anda akan menemukan fitonutrien pembangkit tenaga listrik ini di sayuran hijau seperti bayam.

Bayam juga kaya akan vitamin K dan secara dramatis mengurangi penanda inflamasi dalam darah, menurut Arthritis Foundation.

BACA JUGA: Manfaat Sering Mandi Sauna Bagi Kesehatan

Bayam juga merupakan jenis sayuran berdaun hijau, yang meredakan rasa sakit akibat maag. Serat dalam bayam bisa membantu ulkus lebih cepat sembuh dan menghentikan pembentukan ulkus tambahan.

2. Swiss chard.

Swiss chard juga kaya phytonutrients. Sayuran ini sangat membantu dalam memerangi kram menstruasi dan migrain.

Chards kaya serat larut yang penting dalam mencegah sakit perut, perut kembung dan fermentasi usus.

3. Kale.

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 45 flavonoid, yang berbeda dalam kale.

Flavonoid yang terdapat dalam kale menggabungkan kedua antioksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker. Kale memberikan manfaat besar dalam memerangi peradangan kronis dan stres oksidatif.

4. Jus ceri tart.

Arthritis Foundation mengutip beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang minum jus ceri tart mengalami penurunan yang signifikan dalam rasa sakit dan kekakuan.

Jus ceri tart (tanpa gula) merupakan antioksidan tinggi anti-inflamasi telah terbukti menurunkan nyeri otot jika Anda meminumnya selama atau setelah olahraga.

5. Susu coklat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa susu coklat mungkin baik jika diminum pasca-latihan. Susu coklat mengandung dua kali lebih banyak karbohidrat dan protein dari susu biasa dan Anda membutuhkannnya untuk pemulihan otot setelah latihan.

Air dalam susu menggantikan cairan yang hilang saat berkeringat.

6. Pisang.

Pisang membantu melawan kram otot. Pisang menjaga kadar gula. Buah ini juga akan meningkatkan asupan magnesium yang juga memainkan peran penting dalam mencegah kram otot dan nyeri.

7. Selai kacang.

Vitamin B3 yang ditemukan dalam selai kacang adalah suplemen yang bisa membantu orang dengan osteoarthritis, menurut Arthritis Research Institute of America.

Selai kacang yang kaya akan kalium bisa membantu mencegah keropos tulang.

Selai kacang juga kaya akan resveratrol, antibiotik alami dan antioksidan yang membuatnya menjadi obat sakit gigi yang baik.

8. Kopi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dosis rendah kafein, tidak lebih dari 100 miligram bisa membantu mengurangi nyeri.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler