8 Makanan Sehat Untuk Musim Dingin

Kamis, 28 Januari 2016 – 19:26 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India times

jpnn.com - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda merasa lapar selama musim dingin? Nah, menurut ayurveda ada lonjakan dalam kegiatan pencernaan ketika cuaca semakin dingin. Jadi makan makanan sehat adalah satu-satunya obat untuk melawan rasa dingin, demam, kulit kering dan pecah-pecah.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat cuaca berganti menjadi cuaca dingin, seperti dilansir laman India Times, Minggu (24/1).

BACA JUGA: Cara Mudah Cerahkan Area Selangkangan (Bag 2-akhir)

1. Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, fenugreek (methi) dan mustard (sarson) serta sayuran lain seperti buncis, wortel, lobak, ubi jalar hijau dan kacang polong kaya akan vitamin dan antioksidan yang membangun kekebalan. Sayuran merah seperti ubi jalar, bit dan wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A dan E.

BACA JUGA: Cara Mudah Cerahkan Area Selangkangan (Bag 1)

2. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti lada hitam (kalimirch), biji karambol (ajwain), asafoetida (heeng) dan kayu manis (dalcheeni) adalah pengobatan rumah efektif terhadap pilek dan batuk. Untuk hasil terbaik, didihkan dalam air dan kemudian minum air itu. Mereka juga berguna dalam mengatur sistem pencernaan.

BACA JUGA: Mengapa Wanita Sulit Tidur Dibandingkan Pria?

3. Buah kering

Buah-buahan kering seperti buah ara kering, aprikot serta kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen dan biji rami memberikan kehangatan alami untuk tubuh Anda.

4. Buah

Buah-buahan segar seperti jeruk, pepaya dan amla (gooseberry India) merupakan sumber yang kaya vitamin C yang meningkatkan kekebalan.

5. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, tepung jagung (makai) dan pearl millet (Bajra) memberikan kekuatan untuk melawan dinginnya musim dingin.

6. Gula Alam

Gula alami seperti jaggery (gur) dan madu adalah pengganti yang sangat baik untuk gula buatan dalam diet Anda. Mereka benar-benar baik untuk sistem pencernaan, karena mereka tidak dimurnikan dan menjaga gula dalam tubuh Anda tetap seimbang.

7. Cairan

Sangat penting untuk menjaga tubuh Anda dehidrasi di musim dingin bahkan jika Anda tidak merasa haus. Tubuh Anda membutuhkan cairan yang cukup. Minumlah air hangat suam kuku, sup hangat buatan sendiri, air herbal dengan bumbu dan rempah-rempah, teh jahe, teh hijau, jus amla atau jus lidah buaya sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda tetapdehidrasi.

8. Ghee

Ghee buatan sendiri (mentega) memberikan keajaiban untuk kulit, sendi dan otak sepanjang tahun terutama di musim dingin, ketika sistem pencernaan Anda adalah pada yang paling kuat. Ghee membuat kulit Anda lembut, melumasi sendi dan jaringan dan membantu hati mencerna vitamin larut lemak, seperti vitamin A, K, D dan E.(fny/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Tips Mengurangi Stres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler