8 Manfaat Mangga yang Tidak Terduga, Nomor 1 Bikin Kaget

Senin, 07 November 2022 – 06:08 WIB
Manfaat buah mangga. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - AGAR tubuh selalu sehat, para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk selalu mengonsumsi makanan, minuman dan buah sehat.

Ada berbagai buah yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari mangga, pepaya, nanas, semangka, sirsak, jambu, jambu biji, salak, dan lainnya.

BACA JUGA: 4 Manfaat Mangga Muda yang Tidak Terduga

Salah satu buah yang banyak disukai orang ialah mangga yang memiliki rasa manis.

Bukan tanpa alasan orang India menjuluki mangga sebagai "Raja Buah".

BACA JUGA: Wow, Ini 5 Manfaat Biji Mangga yang Tidak Terduga

Lagi pula, tidak banyak buah di dunia yang bisa menandingi mangga berbentuk kacang dalam hal nilai gizi.

Faktanya, secangkir mangga dengan berat 225 gram mengandung 105 kalori, dan 25 persen di antaranya adalah vitamin A, 76 persen vitamin C, 9 persen tembaga, 7 persen kalium, dan 9 persen serat probiotik yang sehat.

BACA JUGA: 3 Manfaat Tidak Terduga Jus Mangga Campur Nanas, Nomor 2 Ajaib Banget

Begitulah kekayaan mangga sehingga jika Anda mengonsumsi setidaknya satu mangga setiap hari, kamu hampir dijamin bisa mencegah sembelit, wasir, dan gejala kejang usus besar.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Comprehensive Review on Food Science and Food Safety, menunjukkan bahwa serat makanan yang terkandung dalam mangga memiliki efek positif dalam menghilangkan penyakit degeneratif, termasuk kanker tertentu dan kondisi jantung.

Karena ini, aman untuk mempertahankan bahwa mangga lebih dari sekadar buah.

Berikut beberapa manfaat luar biasa dari buah mangga, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Melawan kanker

Buah mangga adalah kapsul antioksidan untuk sifat seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan asam galat.

Kombinasi ini membantu melindungi tubuh dari kanker seperti usus besar, payudara, leukemia, dan prostat.

Faktanya, The European Prospective Investigation of Cancer juga menemukan hubungan yang kuat antara manfaat mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

2. Merawat mata

Buah mangga mengandung vitamin A. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir irisan mangga sama dengan 25 persen asupan vitamin A harian Anda.

Vitamin A, di sisi lain, sangat penting untuk penglihatan yang baik karena membantu melindungi permukaan mata (kornea).

Juga, ketika dikombinasikan dengan vitamin antioksidan lainnya, vitamin A tampaknya berperan dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula (AMD).

3. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah vitamin B6 yang melimpah yang terkandung dalam mangga, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan aktivitas otak.

Vitamin ini membantu penggabungan neurotransmiter utama yang berkontribusi dalam menentukan suasana hati dan modifikasi pola tidur.

Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa menambahkan mangga ke dalam makanan Anda memberi kamu jaminan otak yang sehat dan fungsi saraf yang efektif.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan kekayaan vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karotenoid yang berbeda, mangga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan siap memerangi penyakit.

5. Meningkatkan libido

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E, yang ada dalam mangga, tidak hanya membantu mengatur hormon begituan, tetapi juga meningkatkan gairah.

Sederhananya, mangga membantu meningkatkan dorongan untuk berhubungan ranjang.

6. Membantu pencernaan

Mangga telah terbukti mengandung enzim yang membantu memecah protein, yang juga membantu meningkatkan pencernaan yang alami dan efisien.

Studi bahkan menunjukkan bahwa bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpen, dan aldehida berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

7. Mengontrol kolesterol

Dengan campuran vitamin C, pektin dan serat, mangga segar tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol serum, tetapi juga mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

8. Mangga adalah pembersih kulit

Efek ajaib mangga pada kulit bisa Anda dapatkan dengan memotongnya menjadi potongan-potongan tipis dan meletakkannya di wajah Anda selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Ini tidak hanya akan membantu membuka pori-pori Anda dan melindungi kulit dari jerawat, tetapi juga menyegarkan wajah.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler