8 Minuman Ini Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan yang Anda Alami

Jumat, 02 Agustus 2024 – 02:01 WIB
Ilustrasi teh herbal. Foto:doktersehat

jpnn.com, JAKARTA - SAKIT tenggorokan bisa membuat Anda sulit menelan berbagai makanan dan minuman.

Mengatasi sakit tenggorokan bisa jadi menyusahkan, sering kali menandakan timbulnya pilek atau flu.

BACA JUGA: Anda Sakit Tenggorokan, Segera Atasi dengan Mengonsumsi 4 Obat Ini

Meskipun istirahat dan hidrasi yang cukup sangat penting pada saat-saat seperti itu, minuman tertentu tidak hanya memberikan kelegaan, tetapi juga memberikan kenyamanan yang menenangkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Ndtv.com.

BACA JUGA: 5 Minuman Lezat yang Ampuh Atasi Stres dengan Mudah

1. Teh Herbal

Teh herbal, yang mengandung bahan-bahan seperti kamomil, jahe, dan pepermin, memiliki khasiat menenangkan yang ideal untuk sakit tenggorokan.

Chamomile menawarkan efek antiinflamasi, sementara jahe dan pepermin membantu meringankan hidung tersumbat dan ketidaknyamanan tenggorokan.

BACA JUGA: Redakan Sakit Tenggorokan dengan 4 Obat Ini

2. Madu Hangat dan Air Lemon

Obat abadi, air hangat dengan madu dan lemon tidak hanya menenangkan, tetapi juga memberikan khasiat meningkatkan kekebalan tubuh.

Madu membawa manfaat antimikroba, sedangkan lemon memberikan dosis vitamin C, yang dikenal untuk mendukung sistem kekebalan dan perbaikan jaringan.

3. Susu Kunyit Emas

Perpaduan kunyit yang terkenal dengan senyawa aktif kurkumin dengan susu hangat dan sedikit lada hitam menghasilkan susu emas.

Minuman yang menenangkan ini membantu meredakan sakit tenggorokan dan berkontribusi terhadap kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Kurkumin meningkatkan respons antibodi dan memodulasi sistem kekebalan tubuh.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya, terkenal karena efeknya yang menenangkan, baik secara internal maupun eksternal bisa meredakan sakit tenggorokan.

Minum jus lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh, menjadikannya tambahan yang berharga untuk program pemulihan Anda.

5. Tonik Cuka Sari Apel

Mencampur cuka sari apel dengan air hangat, madu, dan sedikit cabai rawit menghasilkan tonik dengan potensi manfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

Keasaman cuka sari apel bisa menghalangi bakteri, sedangkan cabai rawit memberikan sensasi hangat.

6. Infuse Kayu Manis

Kayu manis, kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri, direkomendasikan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk pilek, flu, dan sakit tenggorokan.

Memasukkan kayu manis ke dalam rutinitas minum teh Anda atau memilih teh kayu manis bisa memberikan bantuan dan dukungan kekebalan.

7. Sup Panas

Sup yang dibuat dari bubur sayuran segar seperti wortel, bit, labu, dan bayam kaya akan beta-karoten, nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Sup ini juga berfungsi sebagai agen antiinflamasi yang ampuh, mengurangi rasa sakit akibat infeksi sekaligus menyediakan vitamin dan mineral penting.

8. Jus Buah

Jus buah, yang mengandung vitamin penambah kekebalan seperti vitamin C dan beta karoten adalah pilihan yang sangat baik untuk sakit tenggorokan.

Pilihlah jus bersuhu ruangan atau jus yang sedikit dingin untuk meredakan ketidaknyamanan tenggorokan.

Jika jeruk memperburuk tenggorokan Anda, pertimbangkan campuran apel, wortel, bit, dan jahe, yang memanfaatkan sifat antiinflamasi jahe yang terkenal dan manfaat sayuran akar yang meningkatkan kekebalan tubuh.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minuman dari Sorgum Penuhi Kebutuhan Serat Harian


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler