8 Minuman Probiotik yang Bisa Dibuat di Rumah, Catat Resepnya

Jumat, 15 Februari 2019 – 23:25 WIB
Minuman probiotik rumahan. Foto: naturallivingideas

jpnn.com - Menjaga kesehatan usus bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat atau suplemen apapun. Cukup minum minuman probiotik yang mengandung bakteri menguntungkan bagi tubuh. Selain itu, minuman probiotik juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan otak.

Kesehatan usus yang buruk bisa menjadi penyebab infeksi kulit yang berulang. Daripada menggunakan krim untuk mengobati ruam, tingkatkan kesehatan usus dan kulit dengan mengonsumsi minuman probiotik. 

BACA JUGA: Usir Bau Mulut dengan Rebusan Jahe

Berikut adalah beberapa minuman probiotik yang bisa dibuat di rumah, seperti dilansir laman Care2.

1. Susu almond

BACA JUGA: Minum Air Kelapa Bisa Mengatasi Demam Berdarah?

Minuman ini cukup mudah dibuat dan bisa dijadikan sebagai smoothie atau bahkan meminumnya sendiri setiap pagi. Resepnya tidak membutuhkan banyak bahan. Anda hanya membutuhkan almond mentah, garam laut, air, bubuk probiotik dan stevia bebas alkohol.

2. Lemonade lacto-fermentasi

BACA JUGA: Cegah Penyakit Berbahaya dengan Rutin Minum Ramuan Rempah Ini

Minuman bersoda ini mudah disiapkan dan terjangkau. Pastikan Anda menggunakan lemon segar saat menyiapkannya. Jus botol mengandung aditif yang bisa merusak proses fermentasi.

3. Kombucha

Kombucha adalah salah satu minuman probiotik yang paling populer. Tetapi membelinya setiap hari tidak benar-benar ramah anggaran. Anda bisa menyeduh kombucha di rumah.

4. Beet kvass

Buah bit menawarkan banyak probiotik ketika difermentasi dengan whey, garam, dan air. Cukup gunakan satu sendok makan garam tambahan bersama whey.

5. Kefir air kelapa

Jika Anda ingin memperbaiki pencernaan dan kulit Anda, minum minuman ini secara teratur. Air kelapa memiliki sifat antioksidan yang kuat dan bahkan mencegah batu ginjal.

6. Natural fizzy ginger ale

Soda alami dengan menggunakan jahe bisa menjadi pilihan lain dalam menghasilan minuman probiotik. Perhatikan bahwa minuman probiotik ini mungkin mengandung alkohol ketika difermentasi selama berminggu-minggu, jadi gunakan proses fermentasi singkat untuk membuat soda jahe tanpa alkohol.

7. Pineapple ginger tepache

Ada banyak alasan untuk menyukai minuman fermentasi ini selain dari rasa manis nanas. Bahan utama (nanas, jahe, madu manuka) mengandung enzim, probiotik dan vitamin. Minuman ini hanya membutuhkan waktu 72 jam untuk fermentasi, yang merupakan periode yang singkat dibandingkan dengan kebanyakan minuman probiotik.

8. Kanji

Minuman India ini dibuat dengan memfermentasi sayuran. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan bit, wortel, mustard powder, air, cabe rawit, garam dan lada hitam.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Kanker


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler