9 Khasiat Oat yang Tidak Terduga untuk Ibu Hamil

Senin, 01 Januari 2024 – 02:02 WIB
Oatmeal. Foto: Medical News Today

jpnn.com, JAKARTA - BAGI wanita yang telah menikah, memiliki momongan tentu merupakan salah satu impian mereka.

Bagi Anda yang tengah mengandung, kamu tentu merasa bahagia dan harus menjaga kehamilanmu dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Susu Oat, Bikin Wanita Puas

Bagi ibu hamil, ada beberapa makanan dan minuman yang harus mereka hindari.

Namun, oat bukan merupakan salah satunya. Oat telah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk tubuh.

BACA JUGA: 3 Jenis Obat yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Oat juga bermanfaat untuk kulit Anda, cocok untuk mandi dengan menenangkan kulit sensitif Anda yang sedang hamil.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Magazine.fittamamma.com.

BACA JUGA: Sarapan Sehat dengan Oat ala Chef Devina Hermawan

1. Kaya nutrisi

Oat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik, namun juga sangat padat nutrisi dengan lebih banyak lemak dan protein dibandingkan kebanyakan biji-bijian.

Ideal sebagai bagian dari diet kehamilan Anda, setengah cangkir oat mengandung sekitar 20 persen kebutuhan zat besi harian kamu, 20 persen seng yang Anda perlukan, 11 persen folat, dan 39 persen vitamin B1.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Tinggi antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol, oat termasuk kelompok antioksidan unik yang dikenal sebagai avenanthramides.

Ini dianggap membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, sebuah molekul gas yang membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Terutama penting selama kehamilan ketika Anda memiliki hingga 50 persen lebih banyak darah dalam sistem kamu.

3. Tinggi serat larut dan tidak larut

Serat tidak larut adalah serat yang membantu saluran pencernaan Anda memproses makanan, membantu kamu menghindari sembelit saat hamil yang ditakuti.

Oat sangat tinggi beta-glukan, serat larut yang memperlambat pencernaan dan memiliki manfaat tambahan dalam menurunkan kolesterol.

Ini juga membantu membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama.

4. Beta-glukan yang kaya

Beta-glukan dalam oat membantu memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, mengurangi lonjakan gula darah dan menjaga kestabilan kadar gula darah.

Menurut sebuah penelitian, serat dalam oat membantu meningkatkan metabolisme glukosa, kabar baik jika Anda ingin mengurangi risiko diabetes dan obesitas.

Semangkuk besar bubur di pagi hari akan memberikan pembakaran energi yang lambat, ideal untuk bahan bakar latihan kehamilan Anda.

5. Oat untuk menyusui

Banyak ibu menyusui yang merekomendasikan oat untuk meningkatkan suplai ASI.

Sifat oat yang kaya zat besi, dikombinasikan dengan potensi manfaat beta-glukan dalam meningkatkan kadar hormon menyusui prolaktin dapat meningkatkan produksi ASI.

Atau mungkin hanya faktor kenyamanan dari semangkuk bubur hangat yang membuat Anda rileks, membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak susu.

6. Perawatan kulit

Untuk perawatan kulit ibu hamil, belilah gandum utuh mentah dan giling dalam food processor hingga Anda mendapatkan bubuk halus dan rata.

Uji konsistensinya dengan menambahkan sesendok oat yang baru digiling ke dalam segelas air, cairannya akan berubah menjadi putih susu.

7. Teman mandi yang menyenangkan

Tambahkan segenggam oat giling ke dalam bak mandi Anda saat sudah terisi air hangat, lalu kocok dengan beberapa tetes minyak lavender atau sejumput lavender kering.

Saat Anda bersantai saat mandi, oatmeal akan membersihkan kulit dan mengunci kelembapan, sementara lavender mengeluarkan aroma yang menenangkan dan menenangkan.

Hindari berendam terlalu lama, disarankan untuk merendam oat selama 15 menit.

8. Membantu menormalkan pH kulit Anda

Oatmeal bisa membantu menormalkan pH kulit Anda, mengurangi iritasi dan melembutkan serta melembabkan kulit kamu, balsem alami yang sempurna untuk mengurangi rasa gatal yang sering dikaitkan dengan kehamilan, terutama saat kulit Anda meregang saat kehamilan kamu semakin besar.

9. Lulur badan

Ada sesuatu tentang kehamilan yang mendorong Anda untuk membuang bahan kimia dan produk yang dijual bebas dan memilih produk alami dengan bahan-bahan yang kamu campur sendiri.

Campurkan ½ cangkir oatmeal bubuk dengan ¼ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir gula merah.

Anda akan mendapatkan sifat pembersihan dan penyangga yang sama tanpa bahan keras yang tidak perlu dan, sebagai bonus tambahan, minyak kelapa akan membuat kulit kamu tampak sehat bercahaya saat hamil.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler