9 Manfaat Ashoka untuk Kesehatan

Jumat, 20 Desember 2019 – 22:06 WIB
Bunga Ashoka. Foto: Steemit

jpnn.com, JAKARTA - Tanaman Ashoka merupakan tanaman herbal dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Di Indonesia terdapat dua jenis tanaman Ashoka yaitu yang memiliki batang besar dan bisa tumbuh hingga 7 meter, dan yang memiliki batang dan ukuran lebih kecil.

Tanaman yang satu ini populer dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Anak-anak sering mengambil kuntum bunga Ashoka untuk kemudian mencicipi nectar manis di dalamnya. Di Indonesia sendiri tanaman herbal ini dikenal dengan beberapa nama seperti ganda puspa, anganapriya, asogam, asok, kankelli, kenkalimara, dan lainnya.

BACA JUGA: Bunga Bangkai Raksasa Ini Mulai Mekar

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (19/12).

1. Masalah Ginekologis

BACA JUGA: 7 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan

Ashoka digunakan untuk mengobati dan mengurangi gejala siklus menstruasi yang tidak teratur, dismenorea, amenorea, keputihan, fibroid, kista dan gangguan terkait lainnya.

2. Corak Kulit

BACA JUGA: Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Ramuan Ashoka secara alami bisa memperbaiki warna kulit. Ini membantu dalam pemurnian darah dan pencegahan alergi kulit lebih lanjut. Karena menghilangkan racun, maka Ashoka berfungsi untuk membersihkan kulit. Selain itu, ekstrak dari pohon Ashoka juga bisa digunakan untuk menenangkan luka bakar dan iritasi kulit.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Pohon Ashoka memiliki sifat menghilangkan rasa sakit dan bisa digunakan sebagai analgesik dengan aman. Gunakan pasta kulit Ashoka untuk atasi nyeri sendi.

4. Pendarahan Internal

Ramuan Ashoka bisa mengobati pendarahan internal dan pendarahan secara efektif. Ekstrak bunga Ashoka digunakan untuk mengobati disentri hemoragik. Minumlah beberapa tetes air yang dicampur dengan bunga Ashoka yang dihancurkan untuk mengobati kondisi tersebut.

5. Diabetes

Demikian pula, bunga kering dari pohon Ashoka bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Infeksi

Menangkal infeksi jamur dan bakteri dengan kulit pohon Ashoka. Kulitnya terdiri dari sifat-sifat yang membersihkan tubuh dan menghilangkan infeksi.

7. Cacing

Ramuan ini bisa mengobati infeksi cacing juga. Bersihkan perut Anda dari serangan cacing dengan mengonsumsi daun atau kulit pohon Ashoka. Ini tidak hanya mengurangi rasa sakit, tetapi juga mengurangi kembung.

8. Diare

Pohon Ashoka dan penawarannya akan mengobati diare Anda tanpa efek samping. Gunakan daun pohon, bunga dan kulit kayu Ashoka sebagai tonik dan rasakan kelegaannya. Daun pohon Ashoka juga memurnikan darah dalam proses.

9. Batu Ginjal

Kekuatan biji pohon Ashoka adalah metode alami untuk mengendalikan batu ginjal. Konsumsi bubuk Ashoka dengan air, yang akan mengurangi risiko ekstraksi batu yang menyakitkan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler