9 Manfaat Jus Pisang, Bisa Membantu Mengatasi Masalah Insomnia

Kamis, 04 Agustus 2022 – 06:50 WIB
Pisang. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu buah yang menjadi kesukaan banyak orang tentu saja pisang.

Pisang kaya nutrisi dan bisa diolah dalam berbagai hidangan. Anda bisa mengonsumsi buah yang satu ini dalam bentuk jus pisang, cake pisang, puding pisang, dan lainnya.

BACA JUGA: 6 Manfaat Pisang Campur Madu, Sahabat Terbaik Pria

Jus pisang adalah jus buah favorit banyak orang, terutama mereka yang suka membuat jus di rumah, karena ini adalah cara yang bagus untuk memakan pisang yang sudah terlalu matang.

Jus pisang cenderung memiliki konsistensi yang lebih kental daripada kebanyakan jus buah, karena tidak harus dipisahkan dari bahan berserat dan bertepung dari pisang.

BACA JUGA: 7 Khasiat Jus Pisang Campur Madu, Diabetes Langsung Ambyar

Jus ini merupakan sumber yang kaya akan potasium, vitamin C, vitamin keluarga B, magnesium, mangan, serat, vitamin A dan berbagai senyawa polifenol.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Organicfacts.

BACA JUGA: 6 Efek Samping Makan Pisang Berlebihan, Nomor 3 Bikin Kaget

https://www.organicfacts.net/banana-juice.html.

1. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu klaim utama kalium adalah menjaga tekanan darah, karena perannya sebagai vasodilator.

Tingginya kadar potasium dalam satu buah pisang (sekitar 10 persen dari kebutuhan harian Anda) bisa membantu melindungi terhadap hipertensi, serta aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Sifat penyeimbang kalium, bersama dengan kandungan triptofan yang signifikan, membuat jus pisang menjadi penstabil suasana hati yang sangat baik, mampu mengurangi gejala kecemasan dan stres.

Ini bisa membantu menurunkan hormon stres kronis dan umumnya meningkatkan tingkat peradangan di seluruh tubuh.

3. Meningkatkan Tingkat Energi

Ada banyak jenis gula yang ditemukan dalam pisang, yang sebagian besar bisa segera diproses dan digunakan oleh tubuh untuk energi.

Artinya, satu buah pisang saja bisa memberikan ledakan energi fisik dan mental, apalagi 2-3 buah pisang dalam segelas jus lezat ini.

4. Mendetoksifikasi Tubuh

Kombinasi serat makanan untuk saluran pencernaan dan vitamin B6 untuk mengelola tingkat toksisitas membuat jus pisang ideal untuk membersihkan sistem.

Bisa merangsang fungsi hati dan ginjal, membantu menghilangkan racun, garam dan lemak lebih cepat.

5. Meningkatkan Imunitas

Kehadiran vitamin C dan berbagai vitamin lainnya berarti bahwa jus ini adalah penambah sistem kekebalan yang baik.

Asam askorbat bisa menyebabkan produksi sel darah putih dan juga bertindak sebagai zat antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dan menetralisir radikal bebas.

5. Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang

Beberapa gula dalam pisang secara langsung dikaitkan dengan peningkatan penyerapan nutrisi, khususnya mineral.

Selain kadar magnesium, mangan, dan kalium yang penting dalam jus pisang, minuman ini bisa membantu melindungi kepadatan mineral tulang dan mencegah timbulnya osteoporosis seiring bertambahnya usia.

6. Mempercepat Pemulihan

Jus ini populer di kalangan atlet, serta mereka yang baru pulih dari penyakit atau cedera yang berkepanjangan, karena merupakan sumber elektrolit yang sangat baik, yaitu kalium.

Tanpa kadar potasium yang memadai, fungsi dan perkembangan otot Anda terganggu, begitu pula keseimbangan air dan fungsi sistem saraf tubuh Anda.

7. Mempromosikan Tidur

Pisang umumnya tidak dipuji karena kandungan triptofannya, tetapi obat penenang alami ini bisa merangsang pelepasan serotonin, yang merupakan hormon "merasa baik" yang membuat tubuh santai dan tidur.

Segelas jus ini sebelum tidur bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk orang yang menderita insomnia atau tidur yang terganggu secara teratur.

9. Membantu Pencernaan

Tingginya tingkat serat makanan yang ditemukan dalam jus campuran ini sangat bagus untuk pencernaan, karena seratnya akan merangsang gerakan peristaltik, meningkatkan pelepasan cairan lambung dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi usus Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pisang   jus pisang   Stres   Kecemasan  

Terpopuler