9 Pedang Legendaris di Dunia, Dari Warisan Nabi hingga Mel Gibson

Minggu, 25 Oktober 2015 – 06:16 WIB
Mel " William Wallace" Gibson dalam Braveheart. Foto: allthingspossible

jpnn.com - BANYAK cerita, entah itu digambarkan dalam sebuah buku, serial televisi maupun di layar lebar, tentang pahlawan pemberani yang bersenjatakan pedang.

Beberapa pahlawan dengan pedangnya melegendaris. Kisah kepahlawanan hingga kehebatan pedangnya, menjadi cerita turun-temurun sepanjang masa. 

BACA JUGA: Ngeri Mak! Lamaran Ditolak, Bensin dan Api Bertindak

Konstruksi pedang juga menjadi bagian cerita yang penting. Apakah dia terbuat dari baja Damaskus, atau dari bijih khusus lainnya yang memberi kekuatan tambahan? Apakah dia dibuat oleh master pembuat pedang andal? Apakah dia benar-benar mematikan?

Tentu saja cerita soal pedang tak akan lengkap, kurang seru, jika tak ada kisah tentang kemampuan tersembunyi dari pedang itu. Apakah dia bisa mengendalikan angin? Apakah dia bisa mengendalikan api? Atau, apakah dia bisa menyihir musuh?

BACA JUGA: Baca Nih, Mendagri Maladewa Bicara Skandal Pembunuhan Presiden oleh Wapresnya

Sejumlah pedang, bertahan menjadi mitos karena faktanya mereka digunakan dalam pertempuran oleh tokoh-tokoh terkenal. Kadang, pedang kemudian hilang selama berabad-abad sebelum ditemukan kembali. Beberapa dari mereka dikabarkan dicuri atau ada yang disimpan tak terlihat panca indera. Sebagian, ada yang begitu dilindungi oleh imam dan rakyat secara spiritual.

Dirangkum dari berbagai sumber seperti Swide, ListVerse dan Royal Collection, berikut 9 dari sedikit pedang yang menjadi legenda di dunia. (adk/jpnn)

BACA JUGA: EDAN, Wapres Negara Ini Ditangkap Terkait Skandal Pembunuhan Presiden


1. Zulfiqar

Foto: allempires

Alkisah, pedang ini diturunkan ke Ali bin Abi Thalib langsung oleh Nabi Muhammad. Zulfiqar adalah pedang dengan kurva yang lengkungannya punya daya eksotis. Namun tak seperti pedang lengkung lainnya, di ujung Zulfiqar berubah menjadi teror ganda, berbilah seperti gunting yang dibuka, sedikit menyerupai lidah ular.

Sebagian orang menjuluki Zulfiqar sebagai The Spine-Splitter. Ali sangat berbakat menggunakan Zulfiqar. Pedang ini dianggap sebagian orang sebagai penyelamat, membawa perdamaian ke Bumi dan keadilan untuk semua.

2. Pedang Tomoyuki Yamashita

Foto: williammaloney

Pedang ini ditempa khusus oleh Fujiwara Kanenaga, master sword smith yang menciptakan banyak katana selama abad ke-17. Pedang Tomoyuki Yamashita diciptakan pada pertengahan 1600-an. 

Dia dipakai oleh seorang jenderal angkatan bersenjata Jepang, Tomoyuki, dikenal juga dengan The Tiger of Malaysia.

Pedang ini terkenal mematikan. Setelah Sekutu akhirnya memaksa Jepang untuk menyerah, Jenderal Tomoyuki Yamashita juga menyerahkan pedang bersama dengan pasukannya. Saat ini barang legendaris itu berada di Museum Militer West Point.

3. Pedang Osman

Foto: wikipedia

Osman I adalah sultan pendiri Kekaisaran Ottoman pada abad ke-14. Dia mendapatkan warisan sebilah pedang dari ayah mertuanya, Sheik Edebali.

Penerus Osman I kemudian secara tradisi memegang pedang ini. Dia jatuh ke tangan beberapa penerus yang tepat, kuat dan ganas di medan perang. Salah satunya adalah Suleiman Agung. 

4. Pedang Bercabang Tujuh

Foto: ancient-origins

Banyak arkeolog maupun sejarawan tertarik mempelajari pedang bercabang tujuh yang luar biasa ini. Sejumlah kesimpulan atau hasil analisis mereka menemukan bahwa asal-usul pedang berasal dari Dinasti Jin di abad keempat.

Hasil tempa pada pedang ini mewakili puncak kehebatan seniman pedang saat itu. Tujuh cabang disebut merupakan gambaran atau ungkapan dari motif pohon.

Berbagai interpretasi telah dibuat. Salah satunya menunjukkan bahwa pedang terbuat dari baja dikeraskan 100 kali, dan disebut belum pernah terjadi atau dibuat seperti ini sebelumnya. 

Ceritanya, pedang ini dibuat untuk Raja Wa. Akhirnya diteruskan sebagai hadiah untuk permaisuri Jepang. Kini, kabarnya pedang ada di Isonokami Shrine, tersembunyi dari pandangan.

5. Muramasa

Foto: gioigear

Pedang ini sekarang beristirahat di Museum Nasional Tokyo. Muramasa adalah sebuah karya seni yang mematikan dari tempaan master pedang Muramasa Sengo.

Beberapa cerita menyebutkan, Murumasa Sengo adalah orang brilian yang setengah gila. Otaknya dianggap sangat tidak stabil dan kekerasan pedangnya disebut berisi aura gelap yang selalu mendambakan darah dan pembunuhan.

Pedang ini populer selama beberapa waktu, namun akhirnya menghilang menyusul shogun Tokugawa Ieyasu melarang para samurainya untuk menggunakan jenis pedang.

6. Honjo Masamune

Foto: wikimedia

Sebelum Murumase Sengo, di Jepang juga terdapat master pedang jenius, Masamune. 

Dari semua pedang Masamune, dikenal sebuah pedang bernama Honjo Masamune. Tajam, brilian dan sudah banyak memakan korban, itu gambarannya. Pedang legendaris ini kemudian menghilang sekitar tahun 1946.

7. Kusanagi

Foto: heavenlyswords

Masih dari Jepang. Kusanagi merupakan salah satu dari pedang legendaris Jepang. Pisau khusus ini diselimuti banyak misteri, seperti juga keberadaan sejarah bangsa Negeri Matahari Terbit itu.

Lokasi terbaru dari Kusanagi dikabarkan dilindungi oleh imam Shinto dan tersembunyi dari mata.

Dalam buku tebal sejarah kuno Jepang berjudul Kojiki, asal-usul pedang menyambung dengan cerita pertempuran Dark Souls. Di mana seorang pahlawan bernama Susanoo menemukan pedang di ekor keempat delapan ular.

Pedang akhirnya diteruskan kepada prajurit dongeng Yamato Takeru.

8. Pedang Goujian

Foto: ancient-origins

Pedang ini merupakan salah satu temuan yang paling luar biasa, saat sebuah makam kuno digali oleh pihak Tiongkok di sekitar Zhang River Reservoir pada tahun 1965. 

Mereka mendapatkan sejumlah besar artefak kuno dari Negara Chu, 771 SM.

Salah satu artefak adalah Pedang Goujian, yang ditemukan terbungkus erat bersama kerangka, bernoda setelah ribuan tahun. Hebatnya, pedang perunggu ini masih tajam ketika dicoba saat ditemukan. Pedang legendaris ini selamat karena tingginya tingkat tembaga dalam pisau. Yang dibungkus dalam selubung kedap udara lanjut dicegah mengoksidasi logam. 

Artefak ini kini terletak di Museum Hubei Tiongkok.

9. Pedang Wallace

Foto: wikipedia

Utuh dan padat. Pedang claymore perkasa adalah senjata pilihan bagi William Wallace, pahlawan Perang Kemerdekaan Skotlandia, yang begitu membenci Inggris selama akhir abad ke-13.

Gambaran singkat sosok ini diperankan dengan baik oleh Mel Gibson di film Braveheart.

Setelah ia dieksekusi, pedang Wallace itu diteruskan kepada gubernur sebelum menghilang selama beberapa abad. Namun akhirnya muncul lagi sekitar 1825 saat tiba-tiba dikirim untuk perbaikan pada gagangnya.

The Wallace Sword sekarang terletak di Wallace Monument sebagai salah satu artefak paling berharga dalam sejarah Skotlandia. 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Lebih GILA, Penumpang Jerit-Jerit Berharap Pesawat yang Ditumpanginya Jatuh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler