9.000 Hektare Pantura Tangerang Direklamasi

Rabu, 14 Maret 2012 – 07:07 WIB

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang punya gawean besar. Rencananya, di kawasan pesisir Pantai Utara (Pantura) Tangerang bakal dibangun 9 pulau dengan cara reklamasi. Luas total 9 pulau yang akan dibuat di Laut Jawa itu mencapai 9.000 hektare. Nantinya, pulau-pulau itu akan dijadikan lokasi perumahan mewah dengan view pantai dan pergudangan.
   
Selain itu, di sana juga akan dibangun pelabuhan dan lokasi wisata. Proyek dengan nama Kota Baru Pantura ini diperkirakan akan menelan anggaran lebih dari Rp 20 triliun.

"Ini memang baru rencana. Tapi kalau tidak meleset, pengerjaan reklamasi untuk pembuatan 9 pulau tahap pertama akan dilakukan 2012 ini," terang Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang Akip Syamsudin, Selasa (13/3).

Dia juga mengatakan, reklamasi ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun silam. "Walau rencana tahap pengerjaan dilakukan tahun ini, tapi waktunya kapan saya belum tahu," ungkapnya.

Dari rencana pembuatan 9 pulau dengan luas total 9.000 hektare itu, luas setiap pulau akan berbeda-beda. Nantinya, setiap pulau masing-masing memiliki luas antara 500 hektare hingga 1.500 hektare.

Reklamasi laut Pantau Utara ini, cetus Akip lagi, mengacu kepada Peratura Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2006 Kabupaten Tangerang dan Peraturan Presiden (Perpres) No 54 Tahun 2008 tentang Tata Ruang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur). Rencana reklamasi 9.000 hektare pesisir Laut Jawa itu juga sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Tangerang.

Rencananya, reklamasi ini akan dilakukan di sepanjang 50 kilometer bibir pantai dari wilayah Dadap, Kecamatan Kosambi hingga ke Kecamatan Mauk. Sembilan pulau tersebut nantinya berjarak sekitar 200 meter-500 meter dari bibir pantai. Dengan luas ini, lokasi hutan mangroove yang ada di daerah tersebut, tidak akan terganggu sehingga tidak mengakibatkan ekosistem laut rusak.

Selain itu pun, kata Akip lagi, akan ada tim khusus yang dibentuk untuk menjaga dan melakukan pengawasan dalam pembangunan infrastruktur proyek Kota Baru Pantura tersebut. "Kami juga akan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Pembangunan pulau-pulau ini bagian dari menjaga abrasi pantai yang sudah kian parah di kawasan Pantura," kata PNS senior Pemkab Tangerang ini.

Secara teknis dijelaskannya,  pembangunan pulau baru dengan reklamasi itu bakal menggunakan sistem folder. Kedalaman laut yang akan direklamasi rata-rata 8 meter.

Lantas kapan proyek reklamasi dan pembangunan 9 pulau itu bakal selesai? Akip tidak bisa memastikan. Hanya saja, proyek reklamasi 9 pulau itu bakal disponsori oleh konsorsium beberapa perusahaan. 

"Kapan selesainya saya tidak tahu pasti. Mudah-mudahan kita semua masih hidup dan bisa melihatnya. Karena proyek ini pasti akan lama sekali," ucapnya.(kin/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Jaktim, 841 Preman Dijaring


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler