Abaikan 4 Pilar Negara, Korupsi Merajalela

Jumat, 05 Oktober 2012 – 02:43 WIB
MAKASSAR -Tingginya angka korupsi di negeri ini tidak lepas dari diabaikannya empat pilar negara. Keempat pilar itu adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Bila empat pilar ini direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, korupsi tidak akan terjadi.
   
Hal tersebut disampaikan, Wakil Ketua MPR RI,  Hajriyanto Thohari dalam sosialisasi 4 pilar negara yang diadakan AMPI Sulsel bekerja sama dengan MPR RI di Baruga Syech Yusuf kantor Badan Diklat Kementerian Agama Makassar, Kamis (4/10).
   
Hajrianto mengatakan, empat pilar negara ini tidak hanya selogam tapi harus direalisasikan dalam kehidupan ini. Menurutnya, banyaknya korupsi karena empat pilar ini cuma dijadikan slogan tapi tidak direalisasikan.
   
Kalau ideologi empat pilar negara ini diterapkan, kata dia, korupsi tidak akan terjadi. Alasannya, masalah korupsi sudah banyak dibahas dalam undang-undang mulai dari pencegahan sampai perlindungan bagi pelapor.
   
"Korupsi menjadikan kegagalan untuk mewujudkan keadilan karena uang yang dikorupsi notabene untuk kesejahteraan rakyat. Makanya korupsi sangat bertentangan dengan 4 pilar negara ini," paparnya. Selain Hajrianto, anggota DPR RI, Syamsul Bachri, Ruly Chaerul Azwar, dan Rambe Kamaruzzaman juga hadir.
   
Wakil Ketua AMPI Sulsel, Nasruddin Upel mengatakan, sosialisasi empat pilar negara ini sangat penting terutama bagi anak mudah. Rasa nasionalisme saat ini mulai dilupakan bagi generasi muda, makanya AMPI terus berupa mensosialisasikan empat pilar terutama bagi anggota AMPI sendiri.
   
"Rasa nasionalisme harus terus ditumbuhkan karena  nasionalisme ini salah satu cara untuk memajukan negara," ungkapnya. (wan/pap)
BACA ARTIKEL LAINNYA... MK Belum Bisa Pastikan Surat Balasan ke KPU DKI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler