Acer Edu Summit 2023 jadi Ajang Mencari Solusi dari Tantangan Dunia Pendidikan 

Selasa, 31 Januari 2023 – 21:47 WIB
Sekjen Kemendikbudristek Suharti mengapresiasi langkah Acer dalam menggelar Acer Edu Summit 2023. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Acer menggelar Acer Edu Summit 2023 sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masa depan pendidikan di Indonesia.

Konferensi sehari itu diharapkan bisa memberi manfaat untuk pemegang kepentingan dalam dunia pendidikan Indonesia dalam mencari solusi dari berbagai tantangan, juga memetakan langkah-langkah strategis transformasi manajemen sekolah di masa depan. 

BACA JUGA: Jika Tunjangan Profesi Guru Dihapus Berdampak Buruk bagi Dunia Pendidikan

Presiden Direktur Acer Indonesia Herbet Ang mengatakan para pakar yang tampil sebagai pembicara diharapkan memberikan perspektif berbeda dari skala global, regional, dan nasional.

"Termasuk bagaimana membuat langkah-langkah konkret rencana strategis transformasi pendidikan di masa depan, khususnya bagi Indonesia," tutur Herbet Ang di Acer Edu Summit 2023, Selasa (31/1).

BACA JUGA: Dukung Transformasi Digital Dunia Pendidikan, BenQ Gandeng Nuadu

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengatakan pendidikan merupakan instrumen paling efektif dalam memerangi kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat.

Menurut dia, Indonesia menghadapi permasalahan tidak hanya dalam hal akses edukasi, tetapi juga peningkatan kualitas.

BACA JUGA: Dukung Sektor Pendidikan, Ini Upaya Acer Manufacturing Indonesia 

"Kami mengapresiasi langkah Acer dalam menggelar Acer Edu Summit 2023 ini, dengan harapan konferensi ini bisa menjadi salah satu wadah bermanfaat bagi para pendidik untuk berdialog dan berbagi aspirasi dalam upaya meningkatkan kualitas edukasi di Indonesia,” ujar Suharti.

Dalam konferensi ini, Herbet Ang ikut memberikan materi.

Dia menyebutkan Acer Edu Summit 2023 adalah salah satu bentuk komitmen Acer bagi dunia pendidikan untuk selalu hadir sebagai partner dalam melakukan transformasi digital melalui total solusi ekosistem pembelajaran di Indonesia. 

Acer berpedoman pada penerapan empat pilar ekosistem transformasi, mulai dari pelatihan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui beberapa langkah konkret, seperti yang dilakukan pada Acer Edu Summit 2023 ini. 

Selanjutnya, Acer menghadirkan platform digital Jelajah Ilmu yang sudah terintegrasi dengan konten pembelajaran, yang memungkinan terwujudnya kualitas pembelajaran yang lebih baik.  

Kebutuhan perangkat teknologi untuk mengakses platform digital maupun tugas-tugas pembelajaran lainnya, kata Herbet Ang, disediakan Acer dengan menghasilkan produk-produk perangkat keras yang sudah memiliki sertifikasi TKDN. 

"Untuk keamanan aset digital sekolah, Acer juga memberikan perlindungan data melalui cyber security services," terangnya.

Konferensi ini menampilkan beragam topik yang dibawakan oleh LIM Cher Ping, (Chair Professor of Learning Technologies and Innovation, Associate Dean, Faculty of Education and Human Development, The Education University of Hong Kong), Associate Prof. Grace Oakley (Graduate School of Education, University of Western Australia, Australia). 

Associate Prof. TAN Seng Chee (Associate Dean, Graduate Education by Research, Office of Graduate Studies and Professional Learning, Associate Professor, National Institute of Education - Learning Sciences and Assessment Singapura).

Ada juga Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., (President International Council for Open and Distance Education (ICDE), mantan rektor Universitas Terbuka, Indonesia). 

Pada kesempatan ini, Acer juga menandatangani nota kesepahaman dan meresmikan kerja sama dengan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS).

Melalui kerja sama ini, BMPS sepakat bersama-sama mendorong percepatan transformasi digital bagi seluruh yayasan, institusi pendidikan dan sekolah di bawah naungan mereka melalui saran penggunakan solusi dan ekosistem pendukung dari Acer termasuk penerapan solusi pembelajaran digital Jelajah Ilmu. 

Jelajah Ilmu merupakan bagian dari solusi Acer yang bertujuan menjembatani hubungan antara teknologi dan manusia, sehingga transformasi pendidikan dapat dilakukan lebih baik.

Penerapan solusi pendidikan berbasis teknologi informasi itu merupakan kontribusi nyata Acer yang diharapkan dapat membantu pemerataan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Di Acer Edu Summit 2023, Acer juga memberikan penganugerahan kepada pemenang dari Acer Smart School Awards 2022.

Penghargaan dan dukungan akselerasi bertaraf nasional bagi dunia pendidikan di Indonesia tingkat SD, SMP, SMA dan SMK untuk melakukan transformasi teknologi digital dalam sistem pendidikan sekolahnya. 

Acer menyediakan total hadiah senilai lebih dari Rp 500 juta untuk yang terbukti sukses mendorong transformasi teknologi digital dalam kegiatan belajar mengajar mereka. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemendikbudristek Dukung Acer Smart School Awards 2022, Kepsek & Guru Jangan Lewatkan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler