ACT Sungguh Keterlaluan, Bisanya Petinggi dan Karyawan Pakai Dana Umat untuk Hedonistik

Senin, 04 Juli 2022 – 16:59 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq mengaku prihatin dengan perilaku petinggi lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang menyalahgunakan uang donatur untuk kepentingan pribadi. Ilustrasi Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq mengaku prihatin dengan perilaku petinggi lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang menyalahgunakan uang donatur untuk kepentingan pribadi.

"Perilaku para petinggi ACT yang menggunakan dana donatur untuk kepentingan pribadi, bahkan menunjukkan sikap hedonisme adalah sesuatu yang sangat disayangkan, kami sangat prihatin," kata pria yang akrab disapa Kiai Maman melalui video keterangannya, Senin (4/7).

BACA JUGA: Jelang Ramadan, ACT Siapkan Program Bantuan untuk Umat, Suriah & Rohingya Masuk Target

Dia menyebutkan hal itu juga akan membuka gunung es dari begitu banyak penyimpangan yang dilakukan oleh orang yang menggunakan isu kemanusiaan dan isu agama untuk menarik simpati masyarakat.

"Membuat masyarakat yang ingin berbuat baik kepada sesama akhirnya memberikan hartanya melalui mereka (ACT, red) dan disalahgunakan," lanjutnya.

BACA JUGA: Dukung Program Pemerintah, NET dan ACT Gelar Vaksinasi Anak di Jakarta

Wakil Sekretaris Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai tindakan tersebut merupakan sebuah penyimpangan yang sangat zolim.

Dia juga meminta pemerintah untuk bersikap tegas kepada lembaga mana pun yang mengumpulkan dana masyarakat, tetapi melakukan penyimpangan.

BACA JUGA: BJB Gandeng ACT Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Tak hanya itu, legislator asal Subang itu juga berharap masyarakat bisa bersikap rasional dalam melihat kelompok atau lembaga yang menggunakan isu kemanusiaaan, bahkan agama.

"Kami tahu ada orang yang minta-minta atas nama masjid dan sebagainya di jalan, ternyata digunakan oleh kepentingan lain bahkan untuk terorisme. Ini tidak boleh terjadi kembali," tegasnya.

Media sosial dihebohkan dengan kabar ACT perihal isu gaji petinggi hingga ratusan juta.

Selain itu, petinggi ACT disebut menerima sejumlah fasilitas mewah dan juga disebut memotong uang donasi dan gaji karyawan.

Tagar-tagar berkaitan dengan ACT, seperti #AksiCepatTilep ini bermunculan setelah majalah Tempo mengeluarkan laporan utama berjudul 'Kantong Bocor Dana Umat'.

Disebutkan uang donasi miliaran rupiah dari masyarakat masuk ke kantong pribadi sejumlah petinggi lembaga tersebut. (mcr8/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... ACT dan PrismaLink Perluas Jangkauan Bantuan dengan Teknologi


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
ACT   Dana Umat   Hedonisme   PKB   DPR   Maman Imanulhaq  

Terpopuler