Ada Juga Tokoh Tanpa Pengaruh

Senin, 03 Mei 2010 – 02:51 WIB
MASUK - Heidi Montag, salah seorang dalam daftar "100 Paling Tak Berpengaruh"-nya Stein di majalah Time. Foto: Showbizgossips.com.
LOS ANGELES - Sudah sejak beberapa tahun terakhir, majalah Time mengeluarkan edisi khusus berisi daftar "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" (The Most Influential People in The World)Namun yang menarik, majalah tersebut (kali ini) juga mengeluarkan daftar tokoh "paling tidak berpengaruh" di dunia.

Kamis (29/4), wartawan yang juga kolumnis Time, Joel Stein, merinci proses pemilihan tokoh-tokoh tersebut hingga terdaftar dalam empat kategori

BACA JUGA: Drogba Juga Masuk Time 100

Di dalam tulisannya, Stein menyatakan, kalau mau sekadar membuat daftar orang paling berpengaruh, caranya sangat mudah
"Tinggal sebut saja, Presiden (Obama), Oprah, presiden di beberapa negara, atau orang-orang yang pernah tampil di Oprah (Oprah Winfrey Show)," katanya.

Atau bisa juga melalui cara kerja jurnalistik standar

BACA JUGA: Siapa 100 Tokoh Paling Berpengaruh Tahun Ini?

"Yakni menelepon sejumlah orang yang berkuasa, lalu menanyakan, "Seberapa berpengaruhnya si A atau si B di mata Anda?"," tambahnya.

Namun sebaliknya, lanjut Stein pula, membuat daftar nama orang-orang paling tidak berpengaruh secara asal-asalan, jelas adalah tindakan bodoh
Pekerjaan tersebut sangat beresiko terhadap kredibilitas jurnalisme

BACA JUGA: Chen Shu-chu, Pedagang Sayur di Top List

Bahkan, seorang wartawan pemberani dan jujur sekalipun tidak akan main-main untuk membuat daftar seperti itu.

Jadi, tegas Stein lagi, baginya sungguh sulit mengisi daftar 100 nama orang paling tidak berpengaruh di dunia iniMakanya, Stein kemudian meminta bantuan Rick Sanchez, pembawa acara Rick"s List di CNN"Jangan malu untuk memilih orang-orang yang kamu rasa pantas," usul Sanchez kepadanya.

"Ketika ada orang yang tidak setuju, itu menjadi tugasmu untuk mengevaluasinya," tambah Sanchez, yang juga mempunyai program bertajuk "Daftar Orang-orang yang Tidak Anda Inginkan"Dari Sanchez pula kemudian, sejumlah nama direkomendasikan masuk daftar yang dibuat Stein.

Seperti diusulkan Sanchez, Stein lantas mencoba untuk tidak mengikuti pikiran-pikirannya tentang sejumlah kandidat yang sudah dia nominasikan sejak awalDia mencoba fokus kepada tokoh yang ramai diberitakan mediaMisalnya saja Heidi Montag, seorang selebriti pembawa acara reality show yang mengaku telah melakukan 10 kali operasi plastik dalam satu hari, pada Januari laluWanita itu mengaku sekarat akibat serangkaian operasi tersebut.

Tokoh lainnya, adalah ibu bocah yang dikabarkan hilang terbawa balon udara milik ayahnyaLaporan bohong tersebut sempat merepotkan aparat keamanan, karena harus mengerahkan ratusan personel untuk mengejar balon udara dimaksudNamun ternyata, sang bocah sengaja disembunyikan di plafon atas rumahnyaPengakuan sang bocah lantas menjerat ibu dan ayahnya ke meja hijau.

Setelah menemukan sejumlah kandidat, Stein kemudian memecahnya menjadi empat kategoriHasilnya, jika dalam daftar orang berpengaruh ada kategori pemimpin, pahlawan, artis dan pemikir, maka di daftar orang paling tidak berpengaruh hasil pendataan Stein ini, juga ada emapt kategoriMasing-masing yaitu kategori pecundang, tolol, "meledak" dan bajinganDaftar lengkapnya bisa disimak di link halaman web milik Time ini(cak/c6/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minyak Tumpah Kian Mengkhawatirkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler