Ada Messi, Ada Ambisi

Rabu, 24 April 2013 – 02:58 WIB
SEJAK jauh hari tim medis Barcelona sudah mempercepat terapi pemulihan untuk Lionel Messi. Kini, Messi dikabarkan sudah kembali fit dan siap tampil dalam leg pertama semifinal Liga Champions kontra tuan rumah Bayern Munchen. Atas hal itu, The Bavarians punya alasan untuk merasa cemas. Sebab, jika dimainkan, Messi bakal menebar teror di Allianz Arena.

Dari laporan terbaru MARCA, pelatih Barca Tito Vilanova dikabarkan sudah menulis nama Messi dalam daftar 21 pemain yang akan dibawa menghadapi Munchen. Keputusan Vilanova memasukkan nama Messi telah memicu berbagai spekulasi.

Pasalnya, keputusan itu tak disertai keterangan resmi dari tim medis. Berdasarkan situasi tersebut, sebagian pihak menilai Messi belum sepenuhnya pulih dari cedera dan Vilanova memilih mengambil risiko untuk tetap membawa dan memainkan Messi.

Spekulasi itu cukup beralasan jika melihat beberapa pertandingan Barca sebelumnya. Ya, saat leg kedua perempat final Liga Champions kontra PSG, Vilanova memang menurunkan Messi. Tapi itu dilakukan di babak kedua saat Barca tertinggal dari PSG. Selanjutnya, pada dua laga setelah itu, Vilanova tidak memainkan Messi. Penyerang 21 tahun itu bahkan baru menjalani sesi latihan penuh pada Jumat pekan lalu. Artinya, memang ada kemungkinan bahwa Messi belum mencapai kondisi terbaiknya.

Tapi, persoalan itu tampaknya tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan arti kehadiran Messi di lapangan. Keberadaan Messi di lapangan memang sangat vital bagi Barca, terlepas dari bugar atau tidaknya kondisi sang pemain. Buktinya bisa dilihat pada laga leg kedua kontra PSG. Saat itu, Messi yang setengah bugar, tetap mampu memberikan perbedaan di lapangan. Permainan Barca langsung berubah. Satu gol penyelamat yang dilesakkan Pedro Rodriguez juga tercipta berkat andil Messi.

Tampaknya hal itulah yang membuat Vilanova kembali mengambil resiko membawa Messi ke Allianz Arena. Bek Barca sekaligus sahabat Messi, Dani Alves, bahkan bersyukur atas perjudian Vilanova.

“Messi sadar ia yang terbaik di dunia dan memiliki kekuatan mengubah pertandingan,” kata Alves kepada AS.

“Keberadaannya di lapangan mengubah banyak hal. Juga menakutkan tim lawan. Itu karena dia memiliki kemampuan ajaib,” Alves menambahkan.

Meski demikian, gelandang bertahan Munchen, Javi Martinez, mengaku timnya tidak takut dengan sosok Messi di Allianz Arena nanti. “Messi pemain terbaik dunia. Tapi, Barca bukan hanya Messi. Mereka juga dihuni pemain-pemain lain yang berkualitas. Sayangnya, kami juga sangat termotivasi memenangkan pertandingan. Kami akan meladeni mereka dengan gaya permainan yang kami miliki,” Martinez menegaskan. (ish)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bahrain Siap Gelar Formula 1 Malam Hari

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler