Ada Pemeriksaan Emosi & Perilaku Paslon Pilgub Jateng di RSUP Dr Kariadi

Kamis, 29 Agustus 2024 – 13:20 WIB
Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Paslon Pilgub Jateng 2024 dari RSUP Dr Karyadi Thomas Handoyo. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Pasangan calon gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan wakil gubernur Jateng Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang, Kamis (29/8).

Para pasangan calon (paslon) di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Pilgub Jateng 2024 ini akan menjalani serangkaian tes kesehatan selama sepuluh jam ke depan.

BACA JUGA: Tes Kesehatan di RSUP Dr Kariadi, Andika-Hendi Bertemu Ahmad Luthfi, Lalu...

"Jadi, ada tiga poin utama yaitu kesehatan fisik, kemudian kesehatan mental, dan pemerikaaan narkoba," kata Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan RSUP Dr Karyadi Thomas Handoyo.

Thomas mengatakan RSUP Dr Kariadi telah menyiapkan serangkaian pemeriksaan fisik penunjang maupun laboratorium bagi calon gubernur dan calon wakil gubernur.

BACA JUGA: Ahmad Luthfi & Gus Yasin Diusung KIM Plus, Andika Perkasa Merespons

Dalam pemeriksaan ini, pihaknya mengerahkan sebanyak 16 spesialis konsultan.

"Untuk pemeriksaan fisik lengkap meliputi penyakit dalam terdiri jantung, paru, bedah urologi, neurologi, gigi mulut, mata hingga psikiatri," katanya.

BACA JUGA: Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan darah lengkap. Mulai dari fungsi darah rutin, fungsi ginjal, fungsi lever hingga pemeriksaan penunjang, dan magnetic resonance imaging atau MRI.

"Penunjang ini juga komplit. Jadi mulai dengan pemeriksaan ultrasound, baik untuk abdomen, kemudian untuk urologi, dan seterusnya. Fungsi-fungsi semuanya kami periksa. Sampe pada MRI," katanya.

Termasuk pula pemeriksaan psikologi menggunakan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI. Tes ini akan mengukur aspek kepribadian seperti emosi dan perilaku.

"Kemudian untuk fungsi luhur dari neurologi saraf dan juga fungsi untuk psikiatri. Seluruh pemeriksaan dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB," kata Thomas.

Nantinya, Thomas beserta tim dokter akan menyerahkan hasil pemeriksaan kepada Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jateng pada 3 September 2024.

"Itu akan dilakukan dalam bentuk pleno. Kami akan berikan hasil dalam bentuk dua, yaitu fit atau unfit," katanya.(mcr5/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... YA Sebar 59 Video Porno Anak dan Orang Dewas Lewat Telegram


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler