Ada Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Sore Hari Ini, Cek Rutenya di Sini

Selasa, 05 Juli 2022 – 09:47 WIB
Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya merekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya merekayasa lalu lintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Rekayasa lalin tersebut sudah dimulai pada Senin (4/7) hingga Minggu (10/7) nanti.

BACA JUGA: Hubungan dengan Marshel Widianto Dituduh Rekayasa, Celine Evangelista Jawab Begini

Namun, rekayasa hanya berlaku pada pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan karena kemacetan yang semakin parah pada sore hari.

BACA JUGA: JR Show Safety Riding, Upaya Jasa Raharja Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas

Hal ini lantaran adanya pergerakan persilangan (crossing) kendaraan di Bundaran HI sehingga menyebabkan kemacetan.

"Ada satu titik krusial yang kami rasa perlu dilakukan penanganan adalah crossing di Bundaran HI, terutama antara kendaraan yang dari arah utara ke selatan dengan kendaraan yang dari arah selatan ke timur," ucap Emanuel, Senin (4/7).

BACA JUGA: Begini Kondisi Bundaran HI Jelang Penerapan Crowd Free Night

Salah satu titik yang paling mengakibatkan kemacetan adalah jalur kendaraan dari Jalan MH Thamrin (arah utara) ke Jalan Jenderal Sudirman (arah selatan) dengan kendaraan dari Jalan Jenderal Sudirman (arah selatan) ke Jalan Imam Bonjol (arah timur).

Kemacetan di Bundaran HI ini juga akibat peningkatan mobilitas masyarakat selama PPKM Level 1 dan penyempitan jalan karena pembangunan jalur MRT halte Transjakarta.

"Sekarang ini sebagian besar sudah aktivitas di kantor, sudah mulai WFO semua, otomatis ini ikut juga berperan dalam peningkatan kondisi lalu lintas," kata dia.

Untuk itu, Dishub DKI Jakarta dan Dirlantas Polda Metro Jaya sepakat untuk melakukan rekayasa lalu lintas demi mengurangi kepadatan di kawasan Bundaran HI.

"Prinsipnya rekayasa lalin di Bundaran HI merupakan salah satu upaya untuk memperlancar arus lalin di Jenderal Sudirman-Thamrin,” tuturnya.

Berikut rekayasa lalu lintasnya:

Lalu lintas dari selatan (Jalan Jenderal Sudirman) yang akan menuju ke timur (Jalan Imam Bonjol) tidak bisa langsung belok di Bundaran HI dan dialihkan ke Jalan MH Thamrin, lalu putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Gedung Kementerian Perhubungan.

Lalu lintas dari arah timur (Jalan Imam Bonjol) yang akan menuju ke barat (Jalan Kebon Kacang Raya) dan utara (Jalan MH Thamrin) dialihkan belok kiri melalui Jalan Jendral Sudirman, lalu putar balik di Landmark Kolong Sudirman-Jalan Galunggung-Kupingan BNI-Jalan Jendral Sudirman-dan seterusnya. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Massa Unjuk Rasa Mulai Padati Bundaran Patung Kuda dan DPR, Polisi Bersiap


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler