Ada yang Cemas, Ada yang Masa Bodoh

Suporter Belanda Pasca Kekalahan dari Jerman

Jumat, 15 Juni 2012 – 12:41 WIB
KHARKIV - Kekalahan 2-1 dari Jerman membuat para suporter cemas. Mereka khawatir jika akhirnya tim kesayangan mereka benar-benar tersisih dari Euro 2012. "Ini benar-benar buruk. Posisi kami ini sangat mengkhawatirkan," kata Hans, salah seorang suporter Belanda saat ditemui di Fan Zone Kharkiv, Ukraina, Rabu (13/6) malam (Kamis dini hari WIB).

Meskipun begitu, dia yakin timnya akan membuat perbedaan dalam laga terakhir melawan Portugal. Jika bisa menang 2-0 saja mereka akan melenggang ke babak selanjutnya. Itu jika Denmark dikalahkan oleh Jerman. "Kami masih akan berada di sini sampai tim ini benar-benar kalah," kata lelaki yang tinggal di Amsterdam itu.

Pandangan berbeda diungkapkan Glenn Freya. Dia mengaku tidak peduli apapun hasil pertandingan di Euro 2012. Yang penting, dia bisa datang di setiap laga Belanda. Apalagi dia sudah punya tiket hingga final. "Saya tidak tahu apa yang terjadi di lapangan. Yang penting saya bernyanyi di stadion," katanya.

Freya mengakui, kegagalan lolos dari grup bakal menjadi mimpi buruk bagi Belanda. Jika benar-benar terjadi, itu akan menenggelamkan prestasi klub dari sebelumnya runner up Piala Dunia 2010 menjadi hanya sampai di fase grup. "Tapi di sini tidak semua hanya soal sepak bola. Kita semua gembira bisa berkumpul dan berpesta di sini," katanya.

Karena itu hingga Kamis (14/6) para suporter Belanda masih bertahan di penginapan mereka di Kharkiv. Mulai dari hotel hingga di kamp Orange khusus suporter Belanda. "Harapan masih ada. Meskipun sulit," katanya. (aga)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Torres: Kami Akan ke Final

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler