Ada yang Menyebut KAA Sekarang Cuma Sekelas Forum ASEAN

Selasa, 21 April 2015 – 22:09 WIB
Effendi Simbolon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon menganggap sejumlah survei untuk mengetahui kondisi riil bangsa Indonesia tak perlu dilakukan. Menurutnya, tanpa survei pun bisa langsung merasakan hal yang sesungguhnya.

"Tidak perlu pakai survei, bisa ditanyakan langsung ke diri sendiri, orang tua kamu, tanya berapa dia belanja sebulan sekarang?" kata Effendi Simbolon, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (21/4).

BACA JUGA: BW Kamis, Samad Tergantung Polda Sulselbar

Effendi mengatakan, selama ini publik keliru jika harus menunggu sebuah survei untuk mengetahui bahwa negaranya sedang dalam kondisi memprihatinkan.

"Tidak perlu mencari sample, lihat saja wajah orang-orang Indonesia yang semakin muram semuanya. Lihat dalam peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA), tentara dan polisi pengamanan KAA wajahnya muram dan memprihatinkan," ungkap anggota Komisi I DPR RI ini.

BACA JUGA: Menurut Puan Maharani, Perempuan Hebat adalah...

Effendi menilai, KAA digelar untuk meningkatkan kerja sama perdagangan. Namun dia menyayangkan minimnya tamu negara yang hadir di ajang yang salah satunya digagas oleh mantan presiden Soekarno ini.

"Tidak maksimal tamu yang mau datang ke Indonesia. Ini karena ketidakpercayaan pada pemimpin Indonesia. Coba kalau Bung Karno ini. Mungkin dari Eropa dan Amerika akan minta datang sebagai peninjau. Kalau saya lihat ini yang hadir sekelas forum ASEAN," pungkasnya. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Mendagri Ingatkan Semua Menteri Harus Jadi Bumper Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Denny Terjerat Kasus Lain di Bareskrim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler