Adik Eks Ajudan Jokowi Berambisi Jadi Bupati, Gerindra Boyolali Siapkan Rekomendasi

Senin, 10 Juni 2024 – 12:52 WIB
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, BOYOLALI - Adik kandung Devid Agus Yunanto, mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana maju sebagai calon bupati pada Pilkada Boyolali yang akan digelar November ini.

Sosok bernama Agus Irawan itu sudah membangun komunikasi dengan Partai Gerindra terkait ambisi politiknya itu.

BACA JUGA: PMKRI Yogyakarta Kritik Rezim Jokowi yang Bagi-Bagi Izin Tambang kepada Ormas Keagamaan

“Iya benar mau maju Pilkada Boyolali dari Partai Gerindra,” kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Boyolali, Rahmad Junaidi saat dikonfirmasi pada Minggu (9/6).

Menurut dia, Agus saat ini masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Soal Lahan IKN, Presiden Jokowi Ingin Mengutamakan Kepentingan Masyarakat

Selain itu, Agus juga dikenal sebagai pengusaha di bidang perkayuan atau furniture.

“Iya ASN di Dispora Solo,” ujarnya.

BACA JUGA: BTN Turut Bangun Gedung di IKN, Presiden Jokowi Beri Apresiasi

Maka dari itu, Rahmad mengatakan partainya akan memberikan rekomendasi kepada Agus sebagai kontestan Pilkada Boyolali mengikuti jadwal pendaftaran yang dibuka KPU nanti.

Menurut dia, Agus juga menyatakan siap mengundurkan diri sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN pada Pasal 56 dan Pasal 59 Ayat (3) dijelaskan, bahwa pejabat pimpinan tinggi madya dan pejabat pimpinan tinggi pratama yang akan mencalonkan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis dari PNS sejak ditetapkan sebagai calon.

“Mestinya seperti itu (mengundurkan diri dari PNS) dan beliau siap (mengundurkan diri dari PNS). Setelah rekomendasi baru proses pengunduran diri, akhir Juli atau awal Agustus 2024 mengikuti penjadwalan pendaftaran semestinya,” jelas dia.

Diketahui, beberapa waktu lalu beredar sebuah video berdurasi 14 detik dengan sosok Agus Irawan berdiri tegak sembari hormat. Terdapat tulisan #AGUSIRAWAN #MAJUBOYOLALI #GERAKANPEDULIBOYOLALI di bagian bawah video.

Selain Agus, DPC Gerindra Boyolali telah menerima dua pendaftar lain. Mereka adalah Jumariyanto, pengusaha asal Kabupaten Wonogiri, dan Fauzan Arif Munandar, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) yang juga dokter gigi. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler