Adu Tajam Messi-Ronaldo

Rabu, 27 April 2011 – 11:22 WIB

MADRID - Pertarungan Real Madrid dengan Barcelona pada first leg semifinal Liga Champions dini hari nanti layak disebut pertarungan terbaik di dunia saat iniLaga itu merupakan bentrok antar pemain terbaik dunia dan pelatih terbaik dunia.

Ya, laga yang lazim disebut el clasico itu akan mempertemukan Lionel Messi, sang pemegang gelar pemain terbaik dunia dua tahun beruntun, dengan pemain termahal dunia Cristiano Ronaldo

BACA JUGA: Gresik United Incar Tiga Besar

Mereka adalah predator ganas di depan gawang.

Di setiap laga el clasico, Messi dan Ronaldo menjadi lakon utama
Di dua laga terakhir, merekalah pencetak gol bagi tim masing-masing

BACA JUGA: M Rachman Bakal Dipanggil Gubernur

Bahkan, Ronaldo menjadi penentu kemenangan Real dengan sundulannya pada perpanjangan waktu di final Copa del Rey.   

Mereka terus beradu ketajaman di semua ajang yang diikuti
Messi sementara ini lebih unggul

BACA JUGA: Dendam Terbayar, Takhta Persipura Tergusur

Di Liga Champions, Messi mencetak sembilan gol, sedangkan Ronaldo mengoleksi enam golBegitu pula di Liga Primera, Messi mencetak 31 gol dan Ronaldo mencatatkan 29 gol.

Hanya di Copa del Rey, mereka sama-sama mengemas tujuh gol dan berbagi gelar sebagai pemain paling suburPada pengujung musim ini, mereka berdua masih bersaing menjadi pemain paling subur di Eropa untuk meraih golden shoe.

"Tidak ada yang mampu menyentuh Messi sekarangOrang-orang membandingkannya dengan sang legendaris Diego MaradonaSaya piker, itu adalah perbandingan yang adil," bilang Tim Hanlan, kolumnis A Catalan Dream.   

Namun, dia juga menyebutkan bahwa level Ronaldo tidak kalah kalau dibandingkan dengan Messi"Kekuatan dan kecepatan Ronaldo membuat dirinya menjadi pemain yang sama efektifnya dengan MessiMereka merupakan pemain paling berbahaya di depan gawang," lanjut Hanlan.

Analisis serupa disampaikan oleh Sir Alex Ferguson, manajer Manchester UnitedHanya, dia lebih menitikberatkan faktor ketergantungan tim terhadap dua pemain ituReal lebih bergantung kepada Ronaldo daripada Barca kepada Messi.

"Ronaldo atau Messi? Mereka merupakan dua pemain luar biasaSaya memahami betul kualitas RonaldoDia luar biasaDua kakinya fantastis, cepat, dan tangguh di udaraMessi punya kualitas yang berbedaMereka sebanding," kata Fergie, sapaan Ferguson, seperti dikutip Bleacher Report.

Selain menampilkan pertarungan dua pemain tersebut, laga itu mempertontonkan adu strategi dua pelatih jenius, Jose Mourinho dan Josep GuardiolaMourinho adalah pelatih terbaik FIFA Ballon d"Or tahun lalu serta Guardiola merupakan pelatih terbaik versi UEFA Team of the Year 2009 serta World Soccer Magazine 2009.

Musim ini, sudah tiga kali el clasico dihelatHasilnya imbangBarca menang sekali, seri sekali, dan Real menang sekaliBarca menang 5-0 di el clasico pertama pada 29 November tahun lalu, seri 1-1 pada bentrok kedua (16/4), dan Real menang 1-0 di final Copa del Rey (20/4).

Guardiola merupakan pelatih dengan filosofi bermain yang indah dan luar biasa agresif, sedangkan Mourinho adalah pelatih yang mengedepankan hasil"Saya suka akan gelarKemenangan selalu terasa menyenangkan," ungkap Mourinho seperti dikutip Soccernet.

Barca kalah pada bentrok terakhir kedua timTapi, Guardiola dengan penuh percaya diri menyatakan tidak akan mengubah gaya bermain mereka"Filosofinya tetap samaKami hanya ingin bermain lebih efektif dan terus menyerang," tegas Guardiola(ham/c11/iro)

Perkiraan Formasi Pemain

Real Madrid (4-3-3)
Pemain     : 1-Casillas (g); 17-Arbeloa, 4-Ramos, 18-Albiol, 12-Marcelo; 10-Diarra, 3-Pepe, 14-Alonso; 22-Di Maria, 9-Ronaldo, 23-Ozil
Pelatih      : Jose Mourinho

Barcelona
Pemain     : 1-Valdes (g); 2-Alves, 14-Mascherano, 3-Pique, 5-Puyol; 8- Iniesta, 16-Busquets, 6-Xavi; 17-Pedro, 10-Messi, 7-Villa
Pelatih      : Josep Guardiola

Head to Head Musim Ini
20/04/11    Final Copa del Rey    Barcelona       v  Real Madrid    0-1
16/04/11    Liga Primera               Real Madrid    v  Barcelona       1-1
29/11/10    Liga Primera               Barcelona       v  Real Madrid    5-0

Asian Handicap
Real Madrid     v    Barcelona    0 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalah, Sriwijaya Turun Takhta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler