Agenda Sri Mulyani Lebih Penting, Pak Fadel Jangan Emosional

Kamis, 02 Desember 2021 – 07:45 WIB
Menkeu Sri Mulyani buka suara soal ketidakhadirannya dua kali dalam undangan rapat dengan pimpinan MPR Ri untuk membahas anggaran. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Asrinaldi menilai pernyataan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad yang minta Presiden Joko Widodo mencopot Sri Mulyani dari jabatan menteri keuangan terlalu emosional.

Asrinaldi memandang perlunya ada etika antarlembaga negara di antara lembaga-lembaga negara.

BACA JUGA: 3 Penjelasan dari Kubu Sri Mulyani, Pimpinan MPR Sebaiknya Baca, Ada Soal Anggaran

Dia menyebut jika Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berhalangan hadir dalam rapat bersama MPR, seharusnya bisa dijadwalkan kembali.

"Sepanjang memang alasannya kuat, saya pikir tidak masalah itu diatur lagi," ucap Asrinaldi.

BACA JUGA: Tuntut Kemerdekaan Papua, Massa AMP Diadang 2 Ormas Bali, Bentrok

Menurut Asrinaldi, ketidakhadiran menkeu terbaik se-dunia itu saat rapat dengan MPR lantaran ada agenda yang memang lebih penting.

Sebelumnya, Sri Mulyani melalui stafnya menjelaskan alasannya tidak menghadiri dua kali undangan dari pimpinan MPR.

BACA JUGA: Novel Baswedan Seharusnya Audit Formula E, bukan Bisnis PCR

Pertama, 27 Juli 2021 bersamaan dengan rapat internal presiden yang harus dihadiri sehingga diwakili rapat di MPR dihadiri wakilnya.

Kemudian, dia tidak hadir pada 28 September 2021, karena bersamaan dengan rapat Banggar DPR membahas APBN dan menkeu harus hadir sehingga diputuskan rapat dengan MPR ditunda.

"Jadi, tidak (perlu) emosional juga, Pak Fadel Muhammad, karena memang itu ada agenda yang lebih penting menurut menteri keuangan," ucap Asrinaldi.

Dosen Universitas Andalas itu juga memandang Fadel Muhammad mewakili pimpinan MPR terburu-buru meminta Jokowi mencopot Sri Mulyani.

"Belum saatnya, karena alasannya juga kita belum tahu, kecuali Sri Mulyani menolak (hadir)," lanjutnya.

Sebelumnya, MPR RI meminta Presiden Jokowi mencopot Sri Mulyani dari jabatan menteri keuangan.

BACA JUGA: GNPF Ulama Sumut Gelar Reuni 212, Ini Lokasinya

Hal ini disampaikan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat jumpa pers seusai rapat internal lembaga negara itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (30/11).

"Atas nama pimpinan MPR Republik Indonesia, mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan Saudari Menkeu," ucap Fadel.

Eks Gubernur Gorontalo itu menuturkan bahwa Sri Mulyani selalu menghindari rapat dengan pimpinan MPR guna membahas anggaran Sosialisasi Empat Pilar.

"Pimpinan MPR rapat dengan menkeu, kami undang dia (Sri Mulyani, red), sudah atur waktu semuanya, tiba-tiba dia batalin dua hari kemudian. Atur lagi, dia batalin," tutur Fadel Muhammad. (mcr8/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler