Agus Marto Turuti Kemauan Istana

Senin, 25 Februari 2013 – 21:38 WIB
JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku siap jika dirinya memang terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia. Bekas Dirut Bank Mandiri itu memang telah disodorkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai kandidat Gubernur BI ke DPR, Jumat (22/2) pekan lalu.

"Saya menyampaikan bahwa apabila ini tugas negara, saya sedapat mungkin akan menjalankan, tapi ini kan sedapat mungkin masih harus melalui proses yang nanti harus disetujui DPR, jadi saya mempersiapkan diri untuk menjalankan fit dan proper test," ujar Agus di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/2).

Tahun 2008 silam, Agus juga pernah menjadi calon Gubernur BI. Namun, saat itu ia tidak terpilih. Kini, ia mengaku akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak mengecewakan dalam fit and proper test di DPR RI.

"Sekarang mendapatkan kepercayaan Presiden untuk jadi Gubernur BI tentu akan saya jalankan sebaik-baiknya selebihnya merupakan kewenangan DPR untuk menyetujui atau tidak menyetujui," terangnya.

Menurut Agus, jika kelak terpilih maka kebijakan yang akan diusungnya secara umum adalah pengendalian inflasi. Ia juga menjanjikan kesehatan moneter  dengan melakukan harmonisasi kerja dan  fiskal yang baik, sehingga tercipta stabilitas sistem keuangan

Selain itu, katanya, ia juga merasa perlu mempersiapkan pengalihan fungsi pengawasan bank komersial ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agus juga akan meyakinkan forum internasional bahwa peran otoritas moneter Indonesia tetap terjaga dan sistem pembayaran nasional bisa efisien dan efektif.

Meski sudah diusulkan sebagai calon Gubernur BI, namun Agus mengaku tetap fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan. "Saya coba dengan baik, selebihnya proses yang harus dijalani, bahwa DPR itu lembaga politik saya pahami tetapi kita kan berorientasi nanti fungsi otoritas moneter dapat berjalan dengan baik, bukan hanya independen, tapi harmonis dengan otoritas fiskal dan Indonesia," pungkas Agus. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Beri Sinyal Naikan Harga LPG 12 Kg

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler