Agus-Sylvi Lebih Unggul Dibanding Ahok-Djarot

Rabu, 08 Februari 2017 – 15:15 WIB
Agus-Sylvi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Hasil survei yang dilakukan Manilka Research & Consulting menunjukkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memiliki elektabilitas tertinggi dibanding dua kandidat lainnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Agus-Sylvi memiliki elektabilitas sebesar 38,61 persen. Namun, jumlah tersebut tidak cukup bagi mereka untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 dalam satu putaran, karena belum mencapai 50 persen+1 suara.

BACA JUGA: Ingat, Warga NU Wajib Pilih Pemimpin Muslim

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Manilka, Agus-Sylvi akan mengalahkan kandidat lain pada putaran kedua.

‎"Jika putaran kedua mempertemukan Agus-Sylvi dengan Ahok-Djarot, maka Agus-Sylvi memperoleh 48,18 persen, sedangkan Ahok-Djarot 32,67 persen," kata‎ Managing Director Manilka Dani Akhyar dalam acara paparan survei ‎'Jelang Akhir Masa Kampanye, Siapa Cagub Pilihan Warga Jakarta?' di Senayan, Jakarta, Rabu (8/2).

BACA JUGA: Jflow: Yakin Mau Golput? Beda Boleh, Cuek Jangan!

Dani menjelaskan, ‎Agus-Sylvi bisa mengalahkan Ahok-Djarot karena mendapatkan limpahan suara Islam dari Anies-Sandi. Hal itu tidak bisa didapatkan oleh pasangan petahana.

"Misalnya limpahan suara Islam dari PKS dan sebagainya," ucap Dani.

BACA JUGA: PKB: Agus-Sylvi Berkomitmen Melayani Masyarakat

Menurut Dani, suara kubu profesional terutama kalangan menengah yang ‎mendukung Anies-Sandi memang bakal lebih banyak masuk ke Ahok-Djarot. Namun, sambung dia, suara itu belum cukup untuk mengalahkan Agus-Sylvi.

"Suara Islam di Anies masuk ke Agus, jadi Agus akan unggul di sana," ungkap Dani.

Dani menyatakan, Agus-Sylvi juga akan unggul jika berhadapan dengan Anies-Sandi pada putaran kedua.

"Agus-Sylvi meraih 45,87 persen, sedangkan Anies-Sandi 36,8 persen," tuturnya.

Penyebab Agus-Sylvi bisa menang karena masyarakat yang sebelumnya mendukung Ahok melihat ‎pasangan tersebut menjanjikan untuk mereka. Salah satu alasannya karena personality Agus.

Selain itu, masyarakat juga melihat sosok Sylvi yang berpengalaman di pemerintahan, sehingga dinilai pantas untuk menggantikan Ahok-Djarot.

"Pemilih Ahok melihat Sylvi bisa mengakomodasi suara mereka," pungkas Dani. (gil/jpnn)‎

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sylvi: Saya Akan Sering Rapat di Lokasi


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler