Ahli Kesehatan Sebut Obesitas Anak Tak Berkaitan dengan Air Minum Dalam Kemasan

Senin, 12 Agustus 2024 – 19:39 WIB
Ahli kesehatan dari FKUI mengatakan obesitas pada anak tidak ada hubungannya dengan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon polikarbonat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. Rini Sekartini, Sp.A (K), mengatakan obesitas pada anak tidak ada hubungannya dengan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon Polikarbonat.

Dia menjelaskan obesitas pada anak itu terutama disebabkan asupan makanan yang berlebih dan kurangnya aktivitas fisik anak tersebut.

“Penyebab obesitas pada anak ada dua hal utama, yaitu asupan makanan yang berlebih dan kurangnya aktivitas fisik. Jadi, tidak ada kaitannya sama sekali dengan air minum galon Polikarbonat,” ujar Prof. Rini dikutip, Senin (12/8).

Prof Rini menjelaskan.asupan makan pada anak seharusnya sesuai kebutuhannya yang biasanya digunakan patokan usia anak.

BACA JUGA: Isu BPA Cuma Hoaks, Ini Alasan Konsumen Tak Perlu Ragu Konsumsi AMDK Galon Polikarbonat

Pada anak prasekolah, kebutuhannya sekitar 100-110 kalori per kilogram berat badan (kal/ kg BB), di mana berat badan yang dipakai adalah berat badan ideal sesuai usia anak.

Sedangkan pada anak usia sekolah, rekomendasi aktivitas fisik sekitar 30-60 menit/ hari, 3 kali seminggu.

BACA JUGA: Kasus Kanker Meningkat, Hati-hati Konsumsi AMDK yang Mengandung Bromat

Biasanya, kata dr. Rini, aktivitas fisik tergolong aktifitas aerobik.

"Tetapi, faktor genetik juga memiliki peranan sebagai risiko anak menjadi obesitas,” tuturnya.

BACA JUGA: Pola Makan Keliru Picu Obesitas Anak

Jadi, tegasnya, tidak ada hubungannya obesitas pada anak ini dengan mengonsumsi air galon Polikarbonat.

“Secara umum, air sendiri juga tidak mengandung komponen yang menjadi faktor risiko obesitas,” katanya.

Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Hasto Wardoyo meminta masyarakat untuk tidak begitu saja percaya terhadap berita-berita yang menyudutkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon Polikarbonat.

"Sebelum ada rekomendasi dari kolegumnya, jangan dipercaya dulu isu-isu tersebut. Pedomannya begitu. Kalau cuma isu-isu saja, ya itu tidak bisa jadi pedoman,” kata Hasto.

Sebab, katanya, dalam dunia kedokteran itu, suatu makanan atau minuman itu bisa dianggap merugikan jika sudah ada bukti meta-analisa atau teknik statistika untuk menggabungkan dua atau lebih penelitian orisinil yang dapat digabungkan.

Artinya, kalau sudah ada bukti meta-analisa atau statistical review antarcenter penelitian.

“Maksudnya, misalkan ada center penelitian di Australia, Amerika, China, dan Asia yang menelitinya dan hasilnya sama. Nah, itu baru menjadi rekomendasi. Tapi, kan belum ada yang menunjukkan hasil yang seperti itu hingga saat ini,” katanya.

Jadi, katanya, kalau belum ada rekomendasi dari kolegium antropologinya, itu tidak bisa direkomendasikan sama sekali. Dan sampai hari ini, menurutnya, tidak ada rekomendasi dari kolegium antropologi yang menyatakan untuk melarang penggunaan air galon Polikarbonat.

Dr. Hasto menyebut terkait isu air galon Polikarbonat yang dikatakan bisa menyebabkan obesitas pada anak itu belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Menurutnya, belum bisa dijadikan pedoman untuk melakukan pelarangan.

“Jadi, perlu ada bukti-bukti dari kolegium yang merekomendasikan untuk melarang menggunakan air galon Polikarbonat itu,” pungkas Hasto. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler