Ahmad Ali Janjikan Pemerataan Pembangunan Hingga Desa Terpencil

Jumat, 23 Agustus 2024 – 15:33 WIB
Bakal Calon gubernur Sulawesi Tengah Ahmad Ali. Foto: Tim Ahmad Ali

jpnn.com, PALU - Bakal Calon gubernur Sulawesi Tengah Ahmad Ali menjanjikan pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa terpencil. Dia meyakini pertumbuhan ekonomi yang adil hanya bisa tercapai jika pembangunan dimulai dari desa.

“Untuk membangun Sulawesi Tengah yang lebih maju, pembangunan harus dimulai dari desa. Prioritas harus diberikan pada pembangunan jalan produksi, teknologi pertanian, dan infrastruktur komunikasi guna memperlancar akses pasar dari desa,” kata Ahmad Ali dalam keterangannya, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Ahmad Ali Serahkan Ambulans untuk Warga Huntap Tondo 1

Ahmad Ali juga menyoroti peran penting kepala desa dalam mengarahkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, ia prihatin dengan minimnya dukungan anggaran operasional yang diterima oleh kepala desa saat ini.

“Bagaimana kepala desa bisa bekerja dengan optimal jika anggaran mereka sangat terbatas? Ini adalah masalah yang harus segera diatasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Ahmad Ali Berikan Beasiswa S2 untuk Lulusan Terbaik Untad

Ahmad Ali berjanji jika terpilih sebagai gubernur pada Pilkada Sulawesi Tengah 27 November 2024 mendatang, ia akan memberikan bantuan keuangan kepada setiap desa. Bantuan ini akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Tengah, dengan nominal berkisar antara Rp15 juta hingga Rp50 juta per desa, tergantung kondisi keuangan daerah.

“Bantuan ini akan digunakan untuk mendukung kinerja kepala desa, terutama untuk biaya operasional, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya.

BACA JUGA: Terima Tantangan Aktivis, Ahmad Ali Siap Adu Gagasan dengan Calon Lain di Sulteng

Sebelumnya, pada 25 Juli 2024, Ahmad Ali menerima kunjungan ratusan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tengah. Dalam pertemuan itu, ia mendengarkan keluhan kepala desa terkait keterbatasan anggaran dan dukungan dalam menjalankan tugas mereka.

Ahmad Ali percaya dengan anggaran yang memadai, kepala desa dapat bekerja lebih efektif dalam melaksanakan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, desa adalah ujung tombak pembangunan daerah.

“Desa adalah fondasi ekonomi kita. Jika masyarakat desa sejahtera, Sulawesi Tengah akan memiliki fondasi ekonomi yang lebih kuat,” pungkasnya. (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Berita Artis Terheboh: Sandra Dewi Terima Aliran Uang Korupsi, Begini Kondisi bayi Cut Intan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ahmad Ali   Sulteng   pilkada   desa  

Terpopuler