Ahok Kagumi Para Pendonor Darah

Jumat, 14 Desember 2012 – 14:08 WIB
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengaku sangat kagum kepada warga yang rajin menyumbangkan darahnya untuk keperluan kemanusiaan. Apalagi, kata Ahok, beberapa pendonor yang mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kebanyakan menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali.

"Tidak mudah orang bisa menyumbangkan darahnya 100 kali lebih. Ya, luar biasa. Sumbang darah setahun sekali ga gampang lho. Sebagai rata-rata setahun itu bisa 3-4 kali," ujar Ahok kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/12).

Ahok sendiri mengaku belum pernah menyumbangkan darahnya. Namun, ia menilai kegiatan donor tersebut baik untuk kesehatan karena dapat memperbaiki kualitas darah.

Ia juga menilai acara penghargaan ini dapat menambah kesadaran warga untuk menjadi pendonor darah. Dengan penghargaan negara maka pendonor dapat disamakan dengan pahlawan.

"Kalau saya bukan pendonor berarti bukan pahlawan. Ha..ha," imbuhnya sambil tertawa.

Diketahui, PMI mampu meningkatkan jumlah kantong darah karena terjadi peningkatan jumlah pendonor. Di tahun 2010 jumlah pendonor sukarela sebanyak 1.758.570 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2009 yang hanya 1.444.398 orang. Peningkatan ini juga terus terjadi hingga tahun 2011 yang mencapai 1.902.702 orang.(dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 5.254 Polisi Amankan Unjuk Rasa di Jakarta Hari Ini

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler