AHY Dilantik Jokowi Jadi Menteri, Airlangga Singgung Kerja Sama di Pilpres

Rabu, 21 Februari 2024 – 20:20 WIB
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku senang dengan dilantiknya Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria/Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN).

Menurut dia, pria yang beken disapa dengan inisial AHY tersebut cocok menjadi menteri. Terlebih, saat ini Partai Golkar dan Demokrat sudah bekerja sama di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

BACA JUGA: Reaksi AHY Ditanya soal KSP Moeldoko Tak Hadiri Pelantikannya di Istana, Waduh

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Foto: Antara

“Kalau AHY sudah bersama di koalisi. Jadi, waktunya untuk masuk (kabinet),” ucap Airlangga di Istana Negara, Rabu (21/2).

BACA JUGA: Tanggapi Pertemuan Jokowi-Surya Paloh, Anies: Tontonan Saja Itu

Selain itu, Airlangga juga memberikan selamat kepada Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menko Polhukam.

Dia mengaku, telah mengenal Hadi sejak lama termasuk bersama menjadi menteri di periode kedua Presiden Joko Widodo menjabat.

BACA JUGA: Daebak! Chong Sung Kim Memikat Dapil II DKI Jakarta, Sebegini Suaranya

“Kalau Pak Hadi kan kemarin sudah bekerja sama sebagai Menteri ATR, dan beliau kan panglima ABRI, cocoklah untuk menjadi Menko Polhukam,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam di Istana Kepresidenan, pada Rabu (21/2).

Pelantikan ini sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024.

Presiden Jokowi membacakan sumpah yang kemudian diikuti oleh putra presiden ke 5 dan 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Menteri ATR/BPN. Saya akan bertanya kepada saudara, Bersediakah saudara untuk diambil sumpah?" ujar Jokowi.

"Bersedia," jawab AHY.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi membacakan sumpah yang diikuti AHY.

Sumpah yang sama juga diucapkan Jokowi saat melantik Hadi menggantikan posisi Mahfud MD.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” baca Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut Jokowi yang diikuti oleh Hadi. (mcr4/jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bagaimana Nasib Ribuan Guru PPPK yang Habis Kontrak? Informasi Ini Cukup Melegakan 


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler