AHY Pertimbangkan Usung Heru Budi Hartono Jadi Cagub Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 – 11:08 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku mempertimbangkan nama Heru Budi Hartono untuk dicalonkan sebagai Calon Gubernur atau Cagub Jakarta.

Menurut dia, nama Heru dipertimbangkan karena masuk dalam usulan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta.

BACA JUGA: Soal Pilkada Jakarta, PAN Kasih Tugas Eko Patrio Buat Berkomunikasi ke Anies, Hmm...

"Kalau dari DPD punya, misalnya, bukan rekomendasi ya. Bisa dikatakan, usulan. Saya pikir boleh-boleh saja usulan itu selalu kami terima. Tentunya kami akan membaca peta politik secara utuh," ucap AHY dalam keterangannya, Sabtu (26/7).

Dia menilai, pihaknya harus mempertimbangkan peta kekuatan politik dari koalisi ataupun lawan jika ingin bertarung di wilayah besar seperti Jakarta.

BACA JUGA: Irwan Fecho Menilai Langkah Menteri AHY Mengidentifikasi Tanah Ulayat Upaya Melindungi Masyarakat Adat

Untuk saat ini, AHY sendiri mengakui Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih terus mencari siapa sosok yang tepat untuk didukung dalam Pilkada Jakarta.

Di satu sisi, internal Demokrat juga akan melalukan survei untuk memastikan siapa tokoh yang diminati masyarakat Jakarta.

BACA JUGA: Ini Program Prioritas Anies Baswedan Jika Terpilih Lagi di Pilkada Jakarta

"Untuk DKI Jakarta, kami belum mengambil keputusan dan masih butuh waktu untuk menganalisa dan menggodoknya lebih lanjut," kata dia.

Sebelumnya, DPD Partai Demokrat Jakarta, membeberkan alasan untuk mengusulkan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono sebagai kandidat gubernur pada Pilgub 2024 salah satunya karena birokrat tulen.

"Pak Heru masuk ke dalam tujuh kriteria yang diinginkan Demokrat," kata Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (2/7).

Menurut dia, Partai Demokrat Jakarta secara umum menilai kinerja PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta itu, unggul, meskipun sering sepi dari pemberitaan.

Dia menjelaskan tipikal seorang pemimpin yang sekaligus birokrat selalu berorientasi kepada hasil bukan ingar bingar pemberitaan media.

"Biasanya kalau politikus yang memimpin hasilnya belum nyata tapi pemberitaannya sudah meluas, hal ini berbeda dengan seorang Heru Budi Hartono. Seorang birokrat tulen yang selalu berorientasi kepada hasil yang nyata dan dapat dicapai," tuturnya.

Mujiyono membeberkan sejumlah kinerja Heru Budi yang unggul selama memimpin Jakarta, di antaranya menurunkan prevalensi stunting di Jakarta dari 16,8 persen menjadi 14,8 persen dengan memberikan makanan sehat, susu, dan pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, untuk mengatasi persoalan banjir, Heru dinilai berhasil menuntaskan Sodetan Ciliwung yang terlantar bertahun-tahun sehingga dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, akhir Juli 2023 lalu.

"Kehadiran Sodetan Ciliwung diharapkan dapat memitigasi banjir di Jakarta, khususnya di wilayah yang dialiri Sungai Ciliwung," tambah Ketua Komisi A DPRD DKI itu. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler