Air Minum dan Listrik di IKN Sudah Siap Digunakan Untuk HUT RI

Jumat, 26 Juli 2024 – 15:02 WIB
Titik Nol Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastian air minum dan listrik siap dimanfaatkan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI 2024 di Nusantara.

"Ya, siap dimanfaatkan untuk HUT RI," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Jumat (26/7).

BACA JUGA: Wakil Kepala Otorita IKN Perlihatkan Apartemen untuk ASN: Cakep, Insyaallah Betah

Air minum untuk melayani kebutuhan masyarakat di ibu kota baru tersebut sudah mengalir ke reservoir induk IKN dan siap didistribusikan.

Danis juga mengatakan bahwa untuk listrik di IKN sudah tidak ada masalah.

BACA JUGA: PLN Icon Plus Pastikan Penyediaan Jaringan Fiber Optik di IKN Sudah Capai 90 Persen

"PLN sudah menyiapkan dari sumber dayanya. Semuanya sudah siap," katanya.

Kementerian PUPR melakukan tes pengaliran air (running test ke-3) dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN Nusantara yang berada di titik tertinggi.

BACA JUGA: Bilah ke-4650 Garuda Kantor Presiden di IKN Terpasang

Running test ke-3 berlangsung sejak Sabtu (20/7) hingga Senin (22/7) dini hari.

Tes itu merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk melayani kebutuhan air minum di IKN Nusantara.

Setelah running test pengaliran berhasil, kini tengah dilakukan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku.

SPAM Sepaku terdiri atas IPA berkapasitas 300 liter/ detik, pipa transmisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 km.

SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Paspampres, Kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, amphiteather, galeri, service area, hunian ASN, rumah tapak jabatan menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan, dan rumah sakit. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kehadiran IKN Berdampak Positif, Laba Bersih BSBK Meroket Tajam


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler