PLN Icon Plus Pastikan Penyediaan Jaringan Fiber Optik di IKN Sudah Capai 90 Persen

Senin, 22 Juli 2024 – 16:02 WIB
Direktur Utama PT PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi usai acara Bincang Media di Hotel Swissbel Resort, Belitung, Senin (22/7). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, BELITUNG - Direktur Utama PT PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menyebutkan penyediaan jaringan fiber optik (FO) dan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur sudah hampir rampung.

Menurut dia, saat ini penyediaan jaringan fiber optik itu sudah mencapai 90 persen.

BACA JUGA: Perumahan Asri dengan Jaringan Fiber Optic

“Untuk jaringan fiber optik di IKN saat ini sudah 90 persen ya,” kata Ari seusai acara Bincang Media di Hotel Swissbel Resort, Belitung, Senin (22/7).

Ari menuturkan pihaknya selalu siap membangun sarana tersebut di ibu kota baru, tetapi harus menyesuaikan dengan infrastruktur tunnel dari penyedia lainnya.

BACA JUGA: Telkom Perkuat Jaringan Fiber Optik

Meski begitu, tunnel saat ini sudah tersedia sehingga penyediaan jaringan fiber optic pun terus dikebut.

“Jadi, kami bisa optimistis untuk koneksi fiber optik dari PLN group untuk menyukseskan 17 Agustus di IKN,” kata dia.

BACA JUGA: Bea Cukai Lepas Ekspor Kabel Fiber Optik dari KEK Kendal

Sebelumnya, PLN Icon Plus resmi dipilih menjadi penyedia shared infrastructure of telecommunication di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN (OIKN) Silvia Halim mengatakan BUMN tersebut dipilih secara terbatas pada 2023 lalu untuk menjadi penyedia jaringan fiber optic (FO) dan menara base transceiver station (BTS) untuk di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A IKN.

Konsep infrastruktur bersama untuk telekomunikasi merupakan model bisnis yang memungkinkan badan usaha telekomunikasi lainnya bekerja sama dalam penyediaan layanan telekomunikasi di suatu wilayah dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah disediakan oleh satu badan usaha tertentu.

Model bisnis ini bisa menurunkan biaya investasi yang harus dikeluarkan oleh badan usaha telekomunikasi, dari yang awalnya merupakan pesaing menjadi mitra. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Operator Kabel Optik Nakal Siap-siap Saja, Pemprov DKI Bakal Ambil Sikap


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler